Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Titik di Tanggul Kali Laya Rawan Jebol

Kompas.com - 16/11/2012, 03:01 WIB

Depok, Kompas - Setidaknya ada empat titik tanggul Kali Laya di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok, kondisinya rawan jebol. Ratusan rumah yang secara geografis terletak di bawah kali itu terancam.

Dari pantauan Kamis (15/11), di sepanjang kali yang berhulu di Situ Pengarengan, Depok, itu, ada titik-titik tanggul yang sudah longsor. Tanggul Kali Laya jebol di RT 006 RW 016 sehingga air membanjiri puluhan rumah di Perumahan Bukit Cengkeh 2.

”Selain yang sudah jebol ini, memang ada sejumlah titik lokasi tanggul yang sudah kritis dan rawan jebol. Secara geografis, kali ini memang letaknya di atas sejumlah permukiman, jadi kalau meluap atau jebol, pasti ke perumahan warga,” kata Usman Aliana, Camat Cimanggis.

Sukarsih (46), kader siaga RT 010 RW 002, mengatakan, setidaknya ada empat titik tanggul yang rawan jebol dan harus mendapat perhatian pemerintah sehingga tidak mengancam warga yang tinggal di bawah kali.

”Titik rawan jebol itu, misalnya, ada di RT 001 RW 001, RT 001 RW 002, RT 010 RW 002, dan di beberapa titik lagi. Titik RT 001 RW 001 itu pernah jebol beberapa waktu lalu,” kata Sukarsih.

Menurut Usman, titik tanggul yang saat ini jebol sebenarnya telah sering kali bocor. Hanya saja, tidak separah saat ini yang kondisinya jebol hingga selebar sekitar 7 meter.

Titik tanggul yang rawan jebol lainnya, di antaranya, berada di RT 007 RW 001. Di titik ini terlihat tanggul sudah longsor, sementara di bawah tanggul setinggi sekitar 6 meter itu terdapat permukiman warga dengan jumlah rumah mencapai ratusan.

Jalan tembok setapak di tanggul terlihat ambles. Dinding tembok tanggul terlihat longsor dan berongga di bagian bawahnya. Ada bekas longsoran berupa pohon yang tumbang.

Masih di dekat titik yang sama, longsoran tanggul terlihat hanya ditutup dengan menggunakan beronjong batu. Adum (65), warga RT 007 RW 001, mengatakan, tanggul yang saat ini terlihat nyaris longsor itu pernah jebol pada tahun 2007.

”Waktu itu dalam setahun dua kali jebol. Airnya langsung tumpah membanjiri perumahan di bawah. Waktu itu tidak ada korban,” papar Adum.

Usman menambahkan, pemerintah telah berupaya memperbaiki tanggul Kali Laya yang rawan jebol. ”Masalahnya, kali ini semakin sempit, tanggul juga kian rapuh. Banyak warga mendirikan rumah di sempadan,” katanya.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail berjanji, pihaknya akan segera memperbaiki tanggul yang jebol. Pihaknya juga akan memperbaiki titik-titik tanggul yang rawan jebol. Untuk membantu warga yang rumahnya terkena banjir, didirikan dapur umum dan posko kesehatan. (RAY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com