Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Blokade Jalan Gubernur Suryo

Kompas.com - 19/11/2012, 12:53 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Ribuan buruh memblokade Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur, dengan berkonvoi menggunakan sepeda motor dan truk, Senin (19/11/2012). Akibatnya, kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Gubernur Suryo, Jalan Basuki Rahmat, dan Jalan Tunjungan, tak terhindarkan.

Ribuan buruh yang berunjuk rasa menuju Gedung Grahadi, kediaman Gubernur Jawa Timur Soekarwo, membawa bendera asosiasi buruh dan berbagai poster menolak upah murah. Mereka menuntut penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) di lima daerah di Jawa Timur sebesar Rp 2,2 juta.

Kelima daerah itu yakni, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Mojokerto, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Mereka mengancam akan mogok kerja selama tiga hari jika Gubernur Soekarwo tidak memenuhi tuntutan buruh untuk mendapatkan upah layak tersebut. Rencananya, Soekarwo akan menetapkan UMK pada 21 November.

Sebelumnya, usulan UMK tertinggi di Jatim diajukan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik sebesar Rp 1.567.000. Namun, buruh meminta upah Rp 2,2 juta dengan melihat penetapan upah di DKI Jakarta dan Bekasi yang besarannya di atas Rp 2 juta.

Mereka meminta kenaikan upah bisa mencapai 130 persen dari nilai kebutuhan hidup layak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com