Kompas.com - 19/11/2012, 15:32 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANDUNG, KOMPAS.com — Banjir bandang dari Sungai Cikasungka mengakibatkan ratusan rumah di sepanjang aliran terendam. Namun, yang paling parah justru di Desa Gandasoli, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, karena rumah-rumah warga nyaris ambruk.

Salah satu rumah yang nyaris ambruk adalah milik Ujang (50), yang menghadap Jalan Raya Soreang Banjaran, tidak jauh dari pertigaan menuju Polres Bandung. Sebagian dari rumahnya tidak bisa ditinggali karena dasarnya sudah longsor tergerus air bah.

Rumah Ujang memang terletak di tepi jalan, menggunakan tanah bekas rel kereta api. Gerusan air menyebabkan tanah longsor dan batang besi rel kereta api menggantung. "Setelah 17 tahun tinggal di sini, ini kejadian pertama," kata Ujang, Senin (19/11/2012).

Rumah tersebut dihuni tiga keluarga dan sekarang harus mengungsi ke rumah kerabat. Ujang berharap bisa tetap tinggal di sana bila diperbolehkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.