Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenggak Bir Pletok, Jokowi Terkesan Setu Babakan

Kompas.com - 21/11/2012, 14:47 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau kawasan wisata Betawi, Setu Babakan. Di sana, dia menelusuri kawasan Setu Babakan, mulai dari melihat presentasi proyek Setu Babakan dari pengelola Setu Babakan, kemudian menyusuri Setu Babakan, dan berdiskusi dengan para tokoh Betawi di salah satu rumah Betawi.

Sesampainya di sana, ia diterima oleh para tokoh Badan Musyawarah Betawi dan pengelola Setu Babakan. Jokowi langsung dihidangkan minuman khas Betawi, bir pletok. Setelah menelusuri Setu Babakan, Jokowi mengaku terkesan dengan segala kegiatan kebudayaan yang diselenggarakan di sana.

"Pertama, saya terkesan kegiatan dan program yang dikerjakan di Setu Babakan," kata Jokowi, di Setu Babakan, Jakarta, Rabu, (21/11/2012).

Jokowi mengatakan telah memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budhiman untuk segera fokus dalam menganggarkan program dan proyek bagi pelestarian kebudayaan Betawi. "Saya minta kepada Pak Kadis, yang ada dianggarkan total, tidak setengah-setengah, nanti malah ragu-ragu terus, semoga Dewan setuju," kata Jokowi.

Untuk kegiatan revitalisasi kawasan Setu Babakan, Jokowi menganggarkan sebesar Rp 291 miliar. "Untuk yang teknisnya, selanjutnya, dapat ditanyakan kepada Pak Arie Budhiman agar bisa disampaikan ke dalam RAPBD-nya," ujar Jokowi.

Salah satu tokoh Betawi yang turut hadir mengikuti diskusi itu, Becky, mengatakan, Jokowi jangan hanya memperhatikan simbolis fisik bagi masyarakat Betawi, tetapi juga harus memperhatikan nilai-nilai kebetawian yang menggambarkan keterbukaan masyarakat Betawi.

"Harus dilihat pula budaya Betawi sampai sekarang ini dengan sisi egaliternya, jiwa humoris, dan nilai-nilai agamisnya," ujar Becky.

Paling tidak, kata Becky, nilai budaya Betawi itu harus seiring dan sejalan dengan fisik pembangunan kebudayaan Betawi. Menurut dia, unsur Betawi itu dapat mulai diajarkan dari usia dini dimulai dari lembaga pendidikan.

"Bagaimana kita memberikan pembekalan kepada anak didik. Kan ada muatan lokal di situ. Teman-teman Betawi juga sudah siap untuk menyukseskan itu," kata Becky.

Saat tiba di lokasi, Jokowi disambut oleh ratusan warga Setu Babakan yang tampak antusias menyambut kedatangan mantan Wali Kota Solo tersebut. Kedatangan Jokowi itu didampingi oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Anas Effendy, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budhiman, dan Asisten Bidang Pembangunan DKI Wiryatmoko.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com