Kompas.com - 23/11/2012, 10:54 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Bersama pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI), Pemerintah Provinsi DKI akan menjalin kerja sama membangun apartemen sederhana serta meminta pihak pengembang untuk membangun taman. DKI harus bebas dari kampung kumuh pada 2020 mendatang.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama kepada wartawan di Balaikota, Kamis (22/11/2012) malam. Basuki bilang, Pemprov DKI bercita-cita mewujudkan Jakarta yang bebas dari kampung kumuh pada 2020 nanti.

"Kita ingin tahun 2020 Jakarta bebas kampung kumuh," kata Basuki.

Basuki mengatakan, Pemprov DKI akan meminta kerja sama dengan REI untuk merealisasikan program tersebut.

"Anda (REI) harus kerja sama dengan DKI. Kalau kerja sama dengan kita pun jadi tahu, mana lahan yang bisa dan tidak bisa Anda beli. Kalau tidak bisa beli, ya kami yang beli," ujarnya.

Basuki menegaskan, Pemprov DKI nantinya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengadakan fasilitas perumahan untuk mengubah wajah Jakarta.

"Kawasan kumuh di Jakarta akan diubah. Sekitar 40 persen akan diubah menjadi ruang terbuka hijau. Sisanya, 60 persen, akan dibangun apartemen sederhana terpadu. Ini konsep pembangunan yang akan disiapkan," tegasnya. 

"Semua orang harus kerja sama dong, tapi kerja samanya dalam bentuk apa dulu? Kalau kongkalikong ambil fasos dan fasum, ya enggak boleh," tambahnya.

Baca juga:

Nih, Syarat Sukses Jokowi Tuntaskan Permukiman Kumuh!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.