Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kedoya Selatan Capai 2 Meter

Kompas.com - 23/11/2012, 15:09 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Permukiman warga di Jalan Adikarya, RW 5, Kedoya Selatan, Jakarta Barat, sudah terendam banjir sejak Kamis sore kemarin. Ketinggian air sudah mencapai 2 meter dari permukaan tanah.

"Banjirnya dari kemarin. Semalam sampai sepinggang. Sekarang sudah dua meter," kata Sumardi Ramelan, Ketua RW 5 Kedoya Selatan, di Jakarta Barat, Jumat (23/11/2012).

Sumardi menjelaskan, di RW 5 yang terdiri dari 16 RT, sebanyak 14 RT sudah terendam banjir, sedangkan dua RT yang tidak terendam banjir adalah RT 6 dan RT 9.

"Kalau yang paling parah di RT 13 dan RT 11, bisa sampai 2 meter," katanya.

Sumardi menambahkan, ketinggian air masih bervariasi. Di RW 5, terdapat 1.750 Kartu Keluarga yang terdiri dari 5.250 jiwa. Sebagian warga sudah mengungsi ke keluarga dekatnya, sedangkan sebagian lainnya masih menempati lantai 2 rumah mereka.

Sunardi, warga RT 3 RW 5, mengatakan, ia mengungsi sementara ke rumah kontrakan dekat rumahnya. Biasanya, banjir surut selama tiga hari ke depan. Hendra Hidayat, Camat Kebon Jeruk, mengatakan, lokasi banjir ini berada di dataran rendah dan terkepung Kali Sodetan, Pesanggrahan. Karena itu, banjir selalu datang di wilayah ini.

"Paling parah tahun ini sampai dua kali banjir. Bulan Maret kemarin banjir juga, padahal enggak hujan. Sekarang, enggak hujan, tetapi banjir juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com