Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iriana Jokowi Didaulat Jadi Duta HIV AIDS Jakarta

Kompas.com - 07/12/2012, 11:44 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Istri Gubernur DKI Jakarta, Iriana Joko Widodo, akan didaulat menjadi Duta AIDS Provinsi DKI Jakarta. Pengukuhan itu rencananya akan dilakukan saat puncak peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang digelar pada Minggu 9 Desember 2012 di silang Monas, Jakarta Pusat.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera, Badan Pembinaan Masyarakat dan Perempuan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta Hendri Novrizal menjelaskan, alasan pihaknya mendaulat Iriana Jokowi menjadi Duta AIDS adalah karena sosoknya yang memiliki pengaruh besar di Jakarta. Seperti diketahui, Iriana Jokowi adalah Ketua Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta.

Dengan jumlah anggotanya yang banyak, diharap kampanye mencegah penyebaran virus mematikan ini dapat membawa hasil lebih optimal.

"Kita manfaatkan momentum Bu Iriana sebagai Ketua Penggerak PKK. Kita berharap seluruh kader PKK yang jumlahnya ribuan bisa memberi dampak yang bagus," kata Hendri dalam jumpa pers peringatan HAS, di Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Ia menambahkan, dengan dikukuhkannya Iriana Jokowi sebagai Duta AIDS DKI Jakarta, nantinya kampanye dan penyuluhan untuk mecegah penyebaran virus HIV dapat bergerak dari banyak lini. Hal ini akan menciptakan suasana edukasi yang lebih baik, mengingat DKI Jakarta saat ini menjadi provinsi dengan jumlah kasus HIV AIDS tertinggi di Indonesia.

"Supaya nanti seluruh kaum ibu dan perempuan tergerak memberikan informasi pencegahan virus. Kampanyenya dan informasinya bisa lebih tersebar," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam rangka merayakan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang jatuh pada 1 Desember 2012, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta menggelar berbagai macam kegiatan berupa bakti sosial yakni pemeriksaan kekebalan tubuh (CD4), pemeriksaan jumlah virus HIV, serta pemberian susu; konseling gratis, dan berbagai acara yang ditujukan untuk menggerakkan kepedulian masyarakat akan penyebaran virus HIV.

Acara akan digelar di silang Monas mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 11.00 Wib pada Minggu 9 Desember 2012 mendatang. Rencananya, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, dan Gubernur DKI Joko Widodo akan hadir di acara tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com