Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang Terpesona

Kompas.com - 08/12/2012, 03:25 WIB

Terpilihnya Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta menarik minat fotografer Poriaman Sitanggang (47).

Lewat hasil jepretan lensa, dia gelar pameran dan peluncuran buku berjudul Magnet Jokowi-Ahok: Jakarta Punya Cerite. Peluncuran buku berlangsung pekan lalu dan pameran diselenggarakan di Studio Saddha Photo Gallery, FX Sudirman Senayan, Jakarta, sampai dua bulan ke depan.

Jokowi-Basuki magnetnya Jakarta? ”Ya,” kata Poriaman, fotografer yang memfokuskan karya pada dokumentasi visual para tokoh sejak 26 tahun lalu. Panjang lebar dia berkisah tentang proses kreatifnya menampilkan sosok Jokowi dan Basuki. ”Mereka ibarat magnet. Sekarang orang berharap selain perubahan juga hasil kerja nyata. Foto-foto inilah dokumentasi dinamika warga Jakarta merindukan perubahan.”

Berlatar belakang pendidikan psikologi, tetapi tidak selesai, Poriaman fokus pada proses ketokohan orang. Namun, saat yang sama, dia juga merambah ke wilayah komersial, korporasi, dokumenter, dan jurnalistik.

Pameran solonya kali ini yang ke-16. Dimuat dalam berbagai penerbitan di dalam dan luar negeri, spesifikasi karya-karya bapak satu putra ini tetaplah tokoh. Sejumlah tokoh nasional pernah dia abadikan. ”Saya memang gampang terpesona ketokohan seseorang,” ungkapnya. (STS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com