Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serap Aspirasi Rakyat, Jokowi : "Sudah Puas Belum?"

Kompas.com - 08/12/2012, 18:09 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berbincang dengan masyarakat di Halte Transjakarta Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2012) pagi. Dalam acara yang disiarkan langsung oleh salah satu televisi nasional itu, pria yang akrab disapa Jokowi membuka dialog dengan pertanyaan, "Sudah puas belum?"

Pertanyaan "sudah puas belum" yang diucapkan Jokowi tersebut bukan sembarang pertanyaan. Pria yang telah manjadi gubernur DKI dua bulan lebih itu hendak menyerap aspirasi rakyatnya langsung terkait sistem transportasi di Ibu Kota. Berbagai keluh kesah pun diungkapkan warga.

Budi, warga yang pertama kali mendapatkan kesempatan mengeluarkan uneg-unegnya mengatakan, dia adalah salah satu pengguna Transjakarta. Namun, ketidakpuasan seringkali mengiringi perjalanan dengan moda transportasi yang dibuat pada era Sutiyoso tersebut.

"Saya mohon ditingkatkan atau diperbanyak busnya. Seperti tangga yang mau ke mobil itu terlalu tinggi untuk saya yang berumur 73 tahun," ujar Budi.

"Kami memang masih kekurangan 1.200 bus. Kekurangan busnya akan terpenuhi. Nanti kami akan bicarakan soal pintu," jawab Jokowi.

Masih berkaitan dengan penambahan jumlah bus Transjakarta, Syahrul, seorang warga lainnya menyorot masalah, apakah mungkin Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) mampu memenuhi kebutuhan armada bus Transjakarta jika jadi ditambah.

"Kami perlu bertemu dengan Pertamina dan PT Gas Negara. Ini merupakan kesatuan sebuah kebijakan sehingga saling mengisi. Saya yakin nanti bisa diselesaikan," jawab Jokowi.

Yogar, warga lainnya menyoroti hal berbeda. Ia mengungkapkan fasilitas di Halte Transjakarta demikian memprihatinkan. Salah satu contohnya adalah toilet halte yang sering rusak atau AC (air conditioner) yang tidak menyala sempurna sehingga membuat penumpang tak nyaman.

"Ini masalah pemeliharaan saja. Ini yang mau kami ubah, pemperbaiki manajemennya. Masukan yang baik itu," jawab Jokowi.

Dalam wawancara terpisah dengan wartawan, Jokowi mengatakan, transportasi di Jakarta perlu perombakan serta pembaruan. Aspek yang paling disasar oleh Mantan Wali Kota Solo tersebut adalah sisi manajemen.

"Fisiknya, pengelolaan terminalnya, arus busnya, arus penumpangnya, sehingga semuanya merasa terlayani," ujar Jokowi.

Berita terkait, baca : 100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com