Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: MRT Tinggal Keputusan Akhir

Kompas.com - 18/12/2012, 16:24 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nasib megaproyek mass rapid transit (MRT) di DKI Jakarta bakal segera diputuskan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dan pemerintah pusat akan melakukan pembahasan akhir dalam waktu dekat.

Jokowi mengatakan, rencananya ia dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa akan kembali bertemu membahas MRT pada Kamis (20/12/2012). Sebelumnya, keduanya sudah bertemu membahas hal yang sama.

"Jadi tinggal keputusan akhir," kata Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Jokowi mengatakan, pertemuan selanjutnya masih membahas seputar besaran investasi pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merealisasikan MRT. Jokowi berharap Hatta bisa memberikan jalan keluar.

Di tempat sama, Hatta mengatakan, pada pertemuan nanti akan membicarakan besaran subsidi yang pas untuk tiket agar tidak membebankan masyarakat dan APBD DKI Jakarta. "Ini perlu kita lihat bagaimana struktur yang pas, itu aja. Kita akan cari solusi terbaik," kata Hatta.

Seperti diberitakan, Jokowi meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat komposisi pembiayaan sebesar 30 persen dalam pembangunan MRT. Adapun pemerintah pusat mendapat beban 70 persen.

Sebaliknya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai pemerintah pusat bersedia menanggung 52 persen biaya pembangunan. "Sebanyak 48 persen diberikan dalam bentuk pinjaman bunga murah," kata Agus beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com