Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Diserbu Apresiasi, Tinggal...

Kompas.com - 19/12/2012, 05:31 WIB

Dalam enam hari terakhir, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ”diserbu” berbagai penghargaan. Tak tanggung-tanggung, tiga penghargaan dianugerahkan kepada Jokowi. Penghargaan terkini diterima Jokowi pada Selasa (18/12), yaitu penghargaan anugerah Parahita Ekapraya tahun 2012 di Gedung SMESCO.

Penghargaan Parahita Ekapraya diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka peringatan Hari Ibu. Parahita Ekapraya dianugerahkan kepada lembaga/ kementerian serta pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang dinilai berkomitmen dan mengimplementasikan strategi terkait jender dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan.

Empat hari sebelumnya, Jumat (14/12), Jokowi menerima penghargaan Tokoh Publik Pilihan 2012 dari Forum Konferensi Serikat Perusahaan Pers di Yogyakarta. Bersama Jokowi, empat tokoh lain menerima penghargaan yang sama. Mereka adalah Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan tokoh pendidikan Anies Baswedan.

Sehari sebelum menerima penghargaan Tokoh Publik Pilihan 2012, Kamis (13/12), Jokowi juga menerima penghargaan sebagai Marketeers of the Year kategori Government 2012 dalam acara Markplus Conference 2013. Tahun 2010, Jokowi menerima penghargaan serupa saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Penghargaan sebagai Marketeers of the Year ini, salah satunya, terlihat dalam tren baju kotak-kotak yang diusung dia saat kampanye gubernur. Sampai saat ini, kotak-kotak hampir selalu diasosiasikan dengan Jokowi dan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama.

Menonjol

Saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi pun tak pernah sepi dari penghargaan. Di laman Jakarta Baru, dalam profil Jokowi terpampang sederet penghargaan, baik yang diterima sebagai pribadi maupun yang mewakili Pemerintah Kota Solo.

Yang paling menonjol adalah masuknya Jokowi dalam nomine Wali Kota Terbaik Dunia tahun 2012 yang digelar oleh City Mayor Foundation. Pemungutan suara sudah ditutup pada Oktober 2012 untuk memilih wali kota terbaik dari 77 nomine, termasuk Jokowi. Dalam laman www.worldmayor.com, sudah masuk 450.000 suara. Pengumuman pemenang Wali Kota Terbaik Dunia akan dilakukan pada 8 Januari 2013.

Di mata Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, yang juga menerima penghargaan Marketeers of the Year 2012, sosok Jokowi sangat menginspirasi.

”Harapannya, Pak Jokowi bisa menghasilkan inovasi politik dan inovasi pemerintahan bagi warga Jakarta,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com