Kompas.com - 22/12/2012, 00:00 WIB
|
EditorFarid Assifa

MANADO, KOMPAS.com — Lima buah kapal di Pelabuhan Manado yang disiapkan untuk melayari rute ke tiga kabupaten di Nusa Utara tampak dijubeli oleh ribuan calon penumpang yang ingin pulang untuk merayakan Natal di kampung halaman mereka, Jumat (21/12/2012) sore. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe, dan Kabupaten Talaud.

Menurut Kapolsek Wilayah Kawasan Pelabuhan Manado, Ferry Atotoy, hari ini memang merupakan puncak lonjakan arus penumpang dari Manado ke Nusa Utara. Dari pengamatan Kompas.com, beberapa personel kepolisian tampak berjaga di dermaga yang disandari kapal-kapal tersebut. Seorang penumpang, Harry (48), yang ditemui di atas KM Karya Indah yang akan berlayar menuju Lirung, Kabupaten Talaud, mengaku tidak memiiki tiket.

"Sudah habis di loket, jadi nanti bayar saja di atas kapal walau harus tidak dapat tempat tidur," ujar Harry. Hal senada disampaikan oleh seorang ibu yang membawa dua anaknya. Menurut keterangannya, sejak jam 7 pagi, dia sudah naik di atas kapal agar bisa mendapat tempat tidur. Namun, karena penumpang yang begitu banyak, dia bersama dua anaknya hanya mendapat tempat di dekat pintu kapal.

Lonjakan penumpang yang sangat tinggi tersebut terlihat dari banyaknya calon penumpang yang masih terus naik ke atas kapal, padahal penumpang lainnya telah berdiri sampai buritan. "Ya, harus tetap berangkat sebab hanya ini satu-satunya sarana transportasi untuk dapat sampai di Talaud," ujar seorang penumpang yang hanya kebagian tempat di buritan kapal.

Jumat sore, terdapat dua kapal yang akan melayari Manado ke Talaud. Dua kapal lainnya ke Sitaro dan satu kapal lagi ke Sangihe. Sementara pagi sebelumnya ada dua kapal cepat yang telah terlebih dahulu berangkat.

Secara terpisah, Gubernur Sulut SH Sarundajang melalui Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik, Michael Umbas, menjamin stok kebutuhan pokok yang tersedia selama perayaan Natal. "Masyarakat tidak perlu khawatir, suplai kebutuhan pokok tetap lancar," ujar Umbas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.