Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katulampa Siaga III, Warga Kampung Pulo Waspada Banjir Kiriman

Kompas.com - 22/12/2012, 20:28 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, sudah mulai diimbau untuk waspada jika banjir kiriman datang. Hal tersebut dilakukan karena hujan deras di Jakarta, Depok, dan Bogor tak kunjung berhenti sejak Sabtu (22/12/12) siang.

"Sudah ada informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jika ketinggian air di Katulampa sudah mencapai ketinggian 110 cm atau sudah masuk Siaga III. Oleh karena itu, kami sudah melakukan informasi melalui RT dan RW di Kelurahan Kampung Melayu, khususnya Kampung Pulo, untuk waspada banjir kiriman yang sewaktu-waktu datang," kata Lurah Kampung Melayu Bambang Pengestu saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/12/12) malam.

Bambang mengatakan, dia sudah menyiapkan pengungsian di beberapa titik, seperti di Masjid At-Tawabim, RS Hermina, Jatinegara, juga di Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi banjir kiriman yang mungkin datang sekitar pukul 00.00 malam karena kemungkinan ketinggian air akan mencapai 1-2 meter jika di Katulampa ketinggian air sudah mencapai Siaga III.

Senada dengan Bambang, Ketua RT 03 Budi juga mengatakan, melalui RT dan RW sudah diberikan informasi kepada warga jika ketinggian air di Katulampa sudah mencapai Siaga III. Menurut Budi, kemungkinan banjir kiriman akan datang dini hari nanti. Namun, warga di permukiman padat penduduk yang sudah biasa disambangi banjir itu tetap tenang.

"Kalau Siaga III di Katulampa sebenarnya masih belum terlalu riskan soalnya di Depok ketinggian air masih normal, masih 135 meter, kalau di Depok sudah 150 meter baru warga mengungsi. Sejauh ini kami sudah kasih tahu ke warga lewat papan pengumuman di setiap RT dan RW. Tapi, sejauh ini warga masih bertahan," kata Budi kepada Kompas.com melalui telepon selullar.

Sebelumnya, diberitakan pada pukul 16.18 WIB ketinggian debit Sungai Ciliwung di Katulampa terukur 110 sentimeter sehingga masuk Siaga III. Dengan kondisi ini, masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran Ciliwung diharapkan waspada. Pasalnya, banjir kiriman dipastikan akan datang sewaktu-waktu.

Berita terkait, baca:

BANJIR GENANGI JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com