Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Jalan Protokol Jakarta Berangsur Pulih

Kompas.com - 22/12/2012, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta berangsur pulih setelah sebelumnya macet akibat hujan deras yang menyebabkan banjir pada Sabtu (22/12/2012).

Berdasarkan pantauan Antara, arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, sejak pukul 19:00 mulai berjalan lancar setelah sebelumnya terjadi kemacetan akibat genangan air setinggi lutut orang dewasa di depan Halte Bus Transjakarta Sarinah.

Kemudian di ruas Jalan HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, terpantau arus lalu lintas kendaraan baik roda dua maupun roda empat aman lancar bahkan cenderung sepi hingga menuju perempatan Mampang.

Meski demikian, di beberapa ruas jalan lain seperti perempatan Tomang terjadi penumpukan kendaraan akibat masih berlangsungnya banjir setinggi lutut orang dewasa di depan pusat perbelanjaan Citraland.

Polisi bahkan menutup ruas jalan Biak menuju Grogol karena banjir di depan pusat perbelanjaan Citraland setinggi lutut orang dewasa, yang mengakibatkan kepadatan kendaraan di sekitarnya.

Pantauan terakhir Antara Biro Bogor menyebutkan pada pukul 18:00 ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa sudah mencapai 120 centimeter (cm).

"Ketinggian air pukul 18.00 WIB mencapai 120 cm atau status siaga tiga banjir," kata Kepala Pelaksana Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman.

Oleh karena itu, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah memperingatkan akan kemungkinan terjadinya banjir kiriman di wilayah sekitar hilir Sungai Ciliwung.

"Pada Sabtu pukul 16.18 WIB, ketinggian debit sungai Ciliwung di Katulampa terukur 110 cm sehingga masuk Siaga III. Air dari Katulampa akan mencapai Depok dalam waktu empat jam dan tiba di Manggarai sekitar sebelas jam," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, batasan normal ketinggian debit di Bendung Katulampa yakni berada pada posisi 50 cm. Siaga IV ketinggian antara 60-80 cm, Siaga III yakni 80-150 cm, Siaga II 150-200 cm dan Siaga I ketinggian lebih dari 200 cm.

Berita terkait, baca :

BANJIR GENANGI JAKARTA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com