Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Jelang Misa, Tim Gegana Sisir Gereja

Kompas.com - 25/12/2012, 02:51 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu gereja yang mengadakan misa malam Natal, Senin (24/12/2012), adalah Gereja Katholik Santo Penginjil yang terletak di Jalan Melawai No.197 Blok B, Jakarta Selatan. Menurut Aipda Nur dari Polsektro Kebayoran Baru yang bertugas jaga di gereja tersebut, misa berlangsung dengan lancar.

"Misanya tiga kali dan yang terakhir baru selesai pukul 23.30 WIB tadi. Semua misa berlangsung sangat lancar," katanya, Selasa (25/12/2012) dini hari, di pos jaga di depan Gereja Katholik Santo Yohanes Penginjil.

Nur menjelaskan bahwa pasukan pengamanan yang bertugas menjaga gereja tersebut berjumlah 67 orang. Untuk yang tugas malam, ada 10 personel yang akan berjaga sampai pukul 09.00 WIB. Namun, jelang misa pagi nanti akan ada BKO dari polda.

Lebih lanjut, Nur menjelaskan, menjelang setiap misa, diadakan penyisiran oleh Gegana. Para jemaat juga akan diperiksa di pintu masuk. Meski demikian, kata Nur, tak ditemukan benda-benda mencurigakan yang ditemukan dalam pemeriksaan tersebut.

Adapun mengenai kondisi lalu lintas di sekitar gereja yang didekorasi dengan nuansa serbaputih tersebut, Nur mengatakan, tak terjadi kemacetan. Namun, memang para jemaat tidak boleh memarkir kendaraannya menempel dengan gedung gereja sehingga mereka memarkir mobil di dekat-dekat gedung gereja.

Hal serupa pun ditemui di Gereja Kristen Indonesia yang terletak di Jalan Panglima Polim 1 No. 51 A, Jakarta Selatan. Menurut Aipda Wahyudi, yang menjadi salah satu petugas yang berjaga di lokasi tersebut, misa berlangsung selama tiga kali. Yang pertama mulai jam 18.00, sementara yang terakhir selesai pukul 23.30.

Wahyudi mengatakan, prosedur pengamanan yang diterapkan di gereja tersebut sesuai dengan SOP yang ditetapkan. Sesuai SOP, ada penyisiran oleh tim Gegana, sementara jemaat diperiksa di pintu masuk. "Namun, misanya sendiri berjalan lancar," kata Wahyudi.

Adapun untuk kondisi lalu lintas di sekitar gereja tersebut, menurut Wahyudi, lancar-lancar saja. "Mobil jemaat diparkir di sekitar gereja," katanya.

Berita terkait, baca :

NATAL TAHUN BARU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com