Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Segera Terbitkan Pergub Sumur Resapan

Kompas.com - 04/01/2013, 20:44 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sangat serius mencari jalan keluar menangani banjir. Setelah mulai memantapkan wacana pembangunan terowongan multifungsi, kali ini ia mulai mematangkan rencana membuat sumur resapan sebanyak mungkin di Ibu Kota.

Dijumpai di Balaikota DKI Jakarta, Jokowi mengaku akan memaksa semua pihak untuk membuat sumur resapan. Tak tanggung-tanggung, paksaan itu akan dituangkan dalam sebuah peraturan gubernur (pergub) yang segera terbit dalam waktu dekat.

"Ini disiapkan pergub yang nanti akan memaksa semuanya. Gedung-gedung, kantor, perumahan, apartemen, semuanya harus ada," kata Jokowi, Jumat (4/1/2013).

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mengalokasikan dana dalam APBD DKI 2013 untuk menyokong pembuatan sumur resapan ini.

Sumur-sumur resapan yang dimaksud Jokowi bukanlah sumur yang kedalamannya satu atau dua meter, tetapi lebih dari itu. Dalam bayangannya, sumur-sumur itu memiliki kedalaman 150 atau 200 meter sehingga dampaknya langsung terasa, yakni sebagai wadah mengelola air, dan memengaruhi kualitas air Jakarta.

"Pokoknya kita buat pergub baru, dan lagi kita siapkan. Syarat mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB), harus ada jumlah sumur resapannya setiap meter, detail, komplet," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com