Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blusukan, Jokowi Datangi Tanggul Kali Sekretaris

Kompas.com - 05/01/2013, 15:03 WIB
Regit Ageng Sulistyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memantau tanggul Kali Sekretaris RT 5 RW 2, Kampung Guji Baru, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (5/1/2013). Pantauan ini dilakukan dalam tahap normalisasi Kali yang didirikan tanggul untuk mencegah banjir.

"Sebenarnya tanggul sudah dikerjakan dengan anggaran 2012, tapi sekarang sedang dihentikan sementara," kata Jokowi di Kebon Jeruk, Sabtu.

Ia melanjutkan, tanggul tersebut berhenti sesaat karena dana yang digunakan masih memakai anggaran. Tanggul Sekretaris sendiri sudah mulai dibangun pada awal Desember 2012. Pembangunan tanggul tersebut untuk mencegah banjir yang sering terjadi di sekitar bantaran Kali Sekretaris.

Jokowi mengungkapkan, dirinya belum pernah memantau langsung lokasi tersebut saat banjir datang. Maka ia mendatangi lokasi pembuatan tanggul untuk melihat perkembangannya. Saat melakukan blusukan, Jokowi sempat naik ke pinggir tanggul dan berjalan menyisiri bantaran tanggul. Ia juga berbincang dengan warga sekitar untuk mengetahui keadaaan saat hujan mengguyur sekitar Kali Sekretaris.

Sholehah, warga sekitar, mengatakan, banjir kerap kali mendatangi lokasi bantaran Kali Pesanggrahan saat hujan datang. Kedalaman air saat banjir mencapai 1 meter dan surut dalam waktu 24 jam.

Ia menambahkan, banjir selalu datang sebelum maupun sesudah pembangunan tanggul. Ia berharap pemerintah segera menyelesaikan proyek pembangunan tanggul agar banjir tak mendatangi permukiman warga di sekitar kali Pesanggrahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com