Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulkan Bukti Bermakna

Kompas.com - 08/01/2013, 02:31 WIB

Jakarta, Kompas - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, kasus yang menimpa bocah RI yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menjadi pelajaran bagi semua warga Jakarta. Pihaknya sebagai kepala daerah turut bertanggung jawab terhadap masalah kesehatan.

”Ini menjadi peringatan bagi kita semua. Masalah di Jakarta ini sangat kompleks dan saling terkait, bukan hanya masalah fisik, melainkan juga nonfisik. Keamanan memang menjadi masalah besar di Jakarta. Nanti satu per satu kita atasi,” kata Jokowi, Senin (7/1), saat berkunjung ke rumah RI untuk memberikan bantuan.

Pada kesempatan itu juga ditegaskan, Pemerintah Provinsi DKI siap memberikan bantuan kepada orangtua RI jika diminta. Pihaknya sebagai kepala daerah turut bertanggung jawab. Bentuknya dengan memperbaiki pelayanan di puskesmas dan rumah sakit, terutama bagi warga tidak mampu dan anak-anak korban kekerasan.

Barang bukti berarti

Mengomentari kasus RI, pakar DNA (deoxyribonucleic acid) forensik UI, Prof Herawati Sudoyo, yang dihubungi secara terpisah kemarin mengimbau agar penyidik mencari dan mengumpulkan barang bukti yang berarti dan bermakna. Barang bukti itu misalnya celana dalam korban.

Meski sudah berulang kali dicuci korban, celana dalam itu masih mungkin menyimpan unsur DNA, baik dari sperma, serpihan kulit atau rambut genital pria, maupun bagian tubuh pria yang dicurigai melakukan kejahatan seksual terhadap korban.

”Kami (Lembaga Eijkman, tempat ia bekerja) punya formula tes khusus yang digunakan untuk sampel sedikit atau dalam bentuk trace,” ucap Hera.

Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Polri Komisaris Besar Anton Castilani mengatakan, rekan sekerjanya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sedang menyiapkan uji DNA sambil menunggu polisi menyerahkan pria yang dicurigai diperiksa DNA-nya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto memastikan penyidik Polres Metro Jakarta Timur yang didukung penyidik Subdirektorat Remaja, Anak, dan Wanita Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus RI dengan saksama dan proporsional sesuai koridor hukum.

Sejauh ini, tim penyidik belum dapat menentukan kepastian terjadi kejahatan seksual terhadap RI, apalagi tersangka pelakunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com