Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Wali Kota Terbaik Ketiga Sedunia, Jokowi Biasa Saja

Kompas.com - 08/01/2013, 11:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo enggan bersikap reaktif menanggapi penilaian sebuah situs internasional yang menempatkan dirinya di posisi ketiga sebagai wali kota terbaik sedunia saat memimpin Surakarta. Jokowi merasa penilaian seperti itu biasa saja, dan ia lebih memilih untuk terus bekerja demi kepentingan rakyat.

"Yah... biasa dikomentari sih, saya bekerja dan ada masyarakat yang menilai," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Saat ditanya apakah akan mempertahankan penilaian itu saat memimpin Ibu Kota, Jokowi menjawabnya dengan santai. Baginya, jabatan gubernur adalah tugas yang diberikan oleh masyarakat. Dia memilih untuk bekerja optimal dan enggan memikirkan apresiasi setelahnya.

"Saya kira itu urusan yang memberi penghargaan, saya enggak pernah bekerja dengan penghargaan. Tapi kalau diberi, harus ucapkan terima kasih," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, The City Mayors Foundation (www.worldmayor.com) merilis daftar 10 wali kota terbaik sedunia. Mantan Wali Kota Surakarta ini duduk di singgasana ketiga. Jokowi menempati posisi ketiga karena sukses melekatkan citra Kota Surakarta sebagai kota seni budaya. Atas citra tersebut, magnet Surakarta untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, semakin kuat.

Jokowi juga dinilai sebagai politisi paling jujur di Indonesia karena aktif mengampanyekan antikorupsi dan menolak mengambil gaji selama menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Berikut ini ke-10 wali kota terbaik dunia versi The City Mayors Foundation:

1. Inaki Azkuna, Bilbao, Spanyol

2. Lisa Scaffidi, Perth, Australia

3. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia

4. Regis Labeaume, Quebec City, Kanada

5. John F Cook, El Paso, AS

6. Park Wan-su, Changwon City, Korea Selatan

7. Len Brown, Auckland, Selandia Baru

8. Edgardo Pamintuan, Angeles City, Filipina

9. Mouhib Khatir, Zeralda, Aljazair

10. Alfonso Sánchez Garza, Matamoros, Meksiko.

Berita terkait, baca:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com