Kompas.com - 11/01/2013, 15:09 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai bertambah besarnya rancangan APBD DKI 2013 dari Rp 46,8 triliun menjadi Rp 49,9 triliun bukanlah suatu pembengkakan karena ada penambahan program. Ia mengatakan, bertambahnya rancangan APBD merupakan upaya untuk memanfaatkan Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) 2012 DKI yang jumlahnya lebih dari Rp 9 triliun.

"Itu bukan pembengkakan ya, karena kami ada Silpa. Jadi selama ini di DKI itu tidak ada yang baru, banyak kajian yang belum terlaksana karena katanya tak ada anggaran," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Sejak era Gubernur Ali Sadikin, kata Basuki, DKI Jakarta memiliki sedikitnya 22 kajian yang berkaitan dengan solusi untuk permasalahan Ibu Kota. Namun demikian, rata-rata kajian itu tidak berlanjut ke level eksekusi dengan alasan ketersediaan dana yang dimiliki tidak mencukupi. Salah satu contohnya adalah mengenai kajian pembangunan terowongan multifungsi yang pernah mencuat di era sebelumnya. Pembangunan terowongan itu tidak pernah diputuskan sampai akhirnya kembali digulirkan oleh Gubernur Joko Widodo.

"Terus sekarang tiba-tiba kami punya Silpa hampir Rp 10 triliun. Yang tadinya terhadang karena tidak ada dana, langsung Pak Gubernur bilang lakuin saja sekarang," ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipastikan memperbesar rancangan APBD 2013 menjadi Rp 49,9 triliun. Rencananya, tambahan anggaran akan dialokasikan untuk program prioritas di tahun 2013. Antara lain menyelesaikan pembebasan tanah yang tertunda dilaksanakan di tahun 2012, antisipasi macet dan banjir dan untuk penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di Ibu Kota yang ditargetkan mencapai 20 persen, termasuk alokasi proyek deep tunnel atau terowongan multifungsi. Namun demikian, penambahan anggaran ini masih harus dibahas bersama DPRD DKI Jakarta.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.