Kompas.com - 17/01/2013, 11:55 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir yang melanda Jakarta menyebabkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak fluktuatif. Pada pukul 11.19, indeks tercatat turun 0,13 persen menjadi 4.405,155 setelah sebelumnya bertengger di posisi 4.415.

Harry Su, analis PT Bahana Securities, menilai banjir terburuk yang melanda Jakarta dalam lima tahun terakhir ini akan memengaruhi transaksi pada hari ini. Hal itu tercermin dari volume transaksi yang menurun. Asal tahu saja, data RTI menunjukkan, volume transaksi hari ini melibatkan 1,309 miliar saham senilai Rp 1,425 triliun.

Nah, terkait hal itu, Harry memberikan rekomendasi saham-saham yang harus diwaspadai akibat musibah banjir. Mereka adalah saham-saham produsen semen, konstruksi, dan pemain batu bara. "Pendapatan mereka akan tergerus karena operasional terpaksa dihentikan," ungkapnya.

Selain itu, perhatikan pula saham PT Nippon Indosari Tbk (ROTI), dengan sekitar 69 persen penjualannya berada di area Jakarta. Bahana merekomendasikan hold untuk saham ROTI dengan target harga Rp 6.100.

Hujan yang mengguyur Ibu Kota juga akan berdampak pada saham-saham pelaku ritel, khususnya PT Ramayana (RALS), karena warga Jakarta diimbau untuk tidak keluar rumah. "Kami merekomendasikan hold untuk saham ini dengan target harga Rp 1.350," paparnya.

Harry juga menilai, macet yang disebabkan banjir juga akan berdampak buruk untuk saham taksi dan maskapai penerbangan karena banyak penerbangan yang dibatalkan. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X