Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Perbaikan Tanggul Jebol Ditargetkan Selesai Hari Ini

Kompas.com - 18/01/2013, 11:23 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, perbaikan tanggul yang jebol di Kanal Banjir Barat ditargetkan selesai Jumat (18/1/2013) ini. Tanggul jebol tersebut akibat debit air yang begitu besar.

"Pokoknya hari ini harus rampung," kata Jokowi di lokasi, Jumat. Menurut Jokowi, masalah yang ia temukan di lapangan adalah alat-alat yang digunakan untuk memperbaiki tanggul tersebut seadanya.

"Batu yang harus dicari. Semuanya kan sudah dikerahkan, bantuan dari Kodam, Kopassus, sudah kita minta semuanya. Tapi, kan ini jebolnya tanggul bukan jebol 1-2 cm, 30 meter ini. Pokoknya jangan sampai dikejar sama hujannya atau air yang dari atas," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Dinas Pekerjaan Umum DKI masih punya persediaan batu untuk menahan arus deras tanggul tersebut. Batu-batu itu sedang diangkut ke lokasi. Namun, pengangkutannya terhambat macet dan banjir.

"Ini memang semua dari Dinas PU, mereka yang turun. Alat-alat masih kurang, masih menuju ke sini terjebak macet," ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada dua alat berat dari Dinas PU yang dikerahkan untuk melakukan perbaikan tanggul itu. Jokowi merasa tidak perlu untuk menambah alat berat. "Kalau mau ditambah (alat berat), tempatnya juga di mana ya, enggak bisa juga. Ini karena tempat agak sulit di bawah jembatan layang dan dekat rel," kata Jokowi.

Jokowi mendatangi lokasi bersama Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Wiryatmoko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, dan Camat Menteng Bondan Dyah.

Sementara itu, Satpol PP, Petugas Dinas Pekerjaan Umum DKI, Kopassus, dan Kodam Jaya masih bergotong royong memperbaiki tanggul yang jebol itu.

Tanggul itu diketahui jebol sepanjang 30 meter pada Kamis pukul 10.00 WIB. Sisi yang jebol terletak di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat. Akibat jebolnya tanggul, air dari Kanal Banjir Barat mengalir ke Jalan Teluk Betung dan Tosari. Aliran air itu sampai ke Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Air dari tanggul jebol itu juga merendam rel kereta api jalur Tanah Abang dan Manggarai. Akibatnya, jalur kereta api itu tidak dapat digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com