Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Paksa Semua Gedung Punya Sumur Resapan

Kompas.com - 21/01/2013, 12:58 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi menargetkan akan membangun sebanyak 20.000 sumur resapan di wilayah DKI Jakarta pada 2013 . Lima tahun ke depan, Jokowi berharap sudah ada 100.000 sumur resapan di Jakarta.

"Kami akan paksa gedung, kantor punya semur resapan," kata Jokowi ketika bertemu dengan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (21/1/2013).

Selain bertemu pimpinan DPD, Jokowi juga bertemu pimpinan Dewan Pimpinan Rakyat dan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat. Semua pertemuan itu membicarakan hal yang sama, yakni banjir di Jakarta.

Kepada pimpinan ketiga lembaga itu, Jokowi menjelaskan langkah apa saja yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta, salah satunya membuat sumur resapan. Nantinya, sumur itu akan dibuat dengan diameter satu meter dan kedalaman empat meter. Menurut Jokowi, jika dalam jumlah banyak, sumur resapan akan mengurangi banyak sekali aliran air di permukaan.

Program lainnya, menormalisasi aliran air di sungai di Pesangrahan, Angke, dan Sunter. Pihaknya, kata Jokowi, sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 650 miliar untuk pembebasan tanah. Jika kurang, dana akan ditambah di APBD Perubahan 2013 .

Program selanjutnya, tambah Jokowi, akan dibuat sodetan dari Kali Ciliwung, tepatnya di daerah Otista ke Kanal Banjir Timur. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memutuskan merealisasikan proyek itu. Disiapkan dana Rp 500 miliar dengan target selesai tahun 2014 .

Jokowi juga berharap pembangunan waduk di Ciawi dan Cimanggis segera direalisasikan lantaran kewenangannya bukan berada di tangan Pemprov DKI Jakarta. Program lain, yakni memasang pompa-pompa besar di daerah utara Jakarta seperti di Ancol dan Pluit untuk membuang air dari kota ke laut.

"Lainnya, pembangunan deep tunnel. Kalau kajiannya positif agar bisa segera dimulai. Kami siap sharing untuk anggarannya dengan Pemerintah Pusat. Kami mohon dukungan agar kami mampu atasi banjir di DKI Jakarta," pungkas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com