Kompas.com - 21/01/2013, 16:55 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengantisipasi terjadinya banjir kembali, sembilan sumur resapan dibuat di sekitar Balaikota DKI Jakarta. Khusus di halaman kantor Gubernur DKI Jakarta itu, dibuat tiga sumur resapan.

Kepala Seksi Pengembangan Mineral Dinas Perindustrian dan Energi Taufik Afriansyah mengatakan, satu sumur resapan kedalamannya 2-20 meter dan dapat diselesaikan dalam jangka waktu satu atau dua hari untuk satu sumur resapan.

"Ada sembilan sumur. Kalau untuk semuanya, mungkin membutuhkan waktu satu hingga dua mingguan," kata Taufik di Balaikota Jakarta, Senin (21/1/2013).

Untuk pengerjaan hari ini, menurutnya, baru dikerjakan kedalaman 50 cm sampai diameter 1 meter sebagai alas alat bor. Kemudian, dibor sampai 13,5 meter agar dapat menyerap air. Untuk mencapai air tanah, dibor kembali sampai kedalaman 20 meter.

Sementara untuk anggaran, Taufik mengaku tidak tahu. Sebab, dia hanya mengurusi permasalahan teknisnya.

Menurutnya, yang baru dikerjakan hari ini masih tiga dari sembilan sumur resapan dan mulai dibuat dari pukul 12.30 WIB Senin siang tadi. Tanah di tiap titik berbeda sehingga harus ada studi tanah untuk mengetahui kedalaman tanah tersebut berapa meter.

"Harus ada studi tanah dulu, nanti pengeborannya berbeda-beda karena tergantung jenis tanah dan geologi masing-masing daerah berbeda," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara menurut Direktur PT Konata Alam Lestari Zeki Ambadar yang bertindak sebagai kontraktor pembuatan sumur resapan, dinding sumur resapan terbuat dari hard density polyetilene (plastik) dan dicetak khusus menjadi rangka-rangka berlubang. Sumur resapan itu memiliki kekuatan menahan tekanan dari atas.

"Sumur ini tahan sampai 300 tahun karena tidak terurai," ujarnya.

Ia pun menyebutkan rata-rata biaya untuk pembuatan sumur resapan mencapai Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per unitnya. Besarnya biaya bergantung pada kondisi tanah tempat sumur dibuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X