Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusakan Jalan Semakin Parah

Kompas.com - 22/01/2013, 21:18 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kerusakan jalan di Jakarta semakin parah setelah terjadi banjir pekan lalu. Terjadi peningkatan titik kerusakan di seluruh wilayah Ibu Kota.

Pekan lalu, kerusakan terjadi di 6.213 titik dengan luas 2,513 juta meter persegi. Namun, setelah banjir besar melanda pekan lalu, titik kerusakan bertambah menjadi 7.808 titik dengan luas 2,86 juta meter persegi.

"Memang kenyataannya begitu, titik kerusakan bertambah cepat. Sebagian bahkan sangat parah sehingga harus dikupas lebih dahulu sebelum diperbaiki," tutur Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Maman Suparman, Selasa (22/1/2013) kepada Kompas.

Kerusakan paling banyak terjadi di Jakarta Timur di 28 ruas jalan. Sebelumnya Dinas PU mengusulkan 15 ruas jalan rusak. Namun, setelah dilanda banjir, ruas jalan yang rusak bertambah 13 ruas. Pertambahan kerusakan ruas jalan juga terjadi di wilayah lain di ibu kota.

Besarnya kerusakan jalan di Jakarta memaksa Pemprov DKI menambah anggaran perbaikan. Semula anggaran untuk perbaikan sementara kerusakan jalan dialokasikan Rp 30 miliar. Lantaran kerusakan meningkat, anggaran perbaikan sementara ditambah Rp 4 miliar.

"Penambahan anggaran juga diperlukan untuk perbaikan total ruas jalan yang rusak. Dari Rp 58 miliar dana yang diusulkan sebelumnya, kami mengusulkan menambah Rp 68 miliar," katanya.

 Adapun perbaikan jalan tersebut harus berkejaran dengan cuaca. Perbaikan jalan, kata Maman, hanya bisa dilakukan ketika cuaca kering. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com