Kompas.com - 26/01/2013, 20:37 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku telah memerintahkan Dinas Kebersihan DKI untuk segera membersihkan sampah sisa banjir. Hal ini disampaikannya seusai ia meninjau keadaan banjir di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Nanti untuk menanggulangi sampah, Dinas Kebersihan sudah kami calling. Konsentrasi kami menuju Luar Batang, Muara Baru, Penjaringan, Pluit supaya sampah dibereskan," kata Jokowi, di Luar Batang, Jakarta, Sabtu (26/1/2013).

Jokowi juga akan meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI untuk membantu melakukan penyedotan air yang masih tergenang di kawasan itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Luar Batang, Penjaringan, air masih tergenang sekitar 30 cm dan sampah juga ikut tergenang. "Di sini juga harus dibersihkan karena airnya kotor berbahaya. Setelah disedot, sampah akan diangkut," ujar Jokowi.

Warga korban banjir di Penjaringan, Jakarta Utara, meminta langkah konkret Jokowi untuk segera menyelesaikan permasalahan sampah pascabanjir. Di lokasi banjir Penjaringan itu, tumpukan sampah terlihat di depan rumah warga dan di tepi jalanan perumahan.

Seorang warga Luar Batang, Brina (31), mengatakan, tumpukan sampah yang berada di lingkungannya berasal dari sampah rumah tangga dan sampah akibat luapan air laut pasang. "Iya, ini sampahnya sudah menumpuk banget. Belum ada yang angkut sampai sekarang," kata Brina.

 "Kalau sampah masih menumpuk terus, besok air pasang, ya, bakalan tergenang lagi, kotor lagi," ujar Brina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.