Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN: Wanda Tenang dan Tidak Gelisah

Kompas.com - 29/01/2013, 03:21 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Amanat Nasional Wanda Hamidah menunjukkan sikap tenang ketika digelandang oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) dari rumah Raffi Ahmad di Lebak Bulus pada Minggu (27/1/2013) pagi.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Fraksi PAN DPR RI Tjatur Sapto Edy. "Tentang kader kita Mbak Wanda Hamidah, beliau itu waktu kejadian kemudian oleh BNN dibawa beserta teman-teman. Beliau (Wanda) yang paling tenang dan tidak gelisah di antara yang lain," kata Tjatur, dalam konferensi pers di kantor DPP PAN, di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selata, Senin (28/1/2013) malam.

Tjatur menilai, ekspresi Wanda itu menunjukkan ketidakterlibatannya pada dugaan penggunaan narkoba di rumah Raffi. Tjatur menambahkan, hasil tes sementara menunjukan bahwa Wanda negatif menggunakan narkoba.

"Karena (Wanda) tidak ada track record di situ (narkoba). Menurut teman-teman dari BNN ini, dengan raut muka dan ketegarannya (Wanda) itu, meyakinkan bahwa yang bersangkutan itu tidak ada kaitannya. Itu dibuktikan dari tes yang dilakukan oleh BNN sampai dengan detik ini (Wanda) tidak positif," ujar Tjatur.

Proses pemeriksaan lab terhadap belasan orang yang diciduk, termasuk Wanda, di antaranya proses tes terhadap urine, rambut, dan darah. Dalam proses tes rambut, seseorang bukan pengguna narkoba aktif dan sudah tidak memakai dalam waktu lama tetap akan bisa diketahui.

"Kalau rambut ini, pakai narkoba tiga tahun tidak akan hilang. Jadi, tidak hanya sampai saat itu, sampai dengan jangka waktu yang panjang tidak akan hilang," kata Tjatur.

Sesungguhnya, Tjatur mengatakan, proses tes lab dari BNN yang menentukan apakah Wanda positif atau negatif menggunakan narkoba selesai pada Senin malam ini. Namun, pihak BNN kata Tjatur tidak terburu-buru sehingga rencananya hasil tes Wanda baru akan keluar besok.

"Malam ini, seharusnya (hasil tes Wanda) bisa keluar, tapi di BNN ini cukup profesional. Menurut informasi tadinya malam ini, maka kita menggelar konpres malam ini dengan harapan (tes) sudah selesai dan (Wanda) sudah bisa pulang. Tetapi, besok Insya Allah selesai," ungkap Tjatur.

Ia berharap apabila tes pemeriksaan oleh BNN usai, mereka yang dinyatakan negatif dan tidak menggunakan narkoba mesti diklarifikasi kembali dan dijelaskan kepada publik. Hal ini untuk memperbaiki nama-nama mereka yang negatif menggunakan narkoba.

Tjatur menambahkan, PAN berterima kasih kepada BNN dalam upaya memerangi narkoba dan partai tersebut mendukung langkah-langkah BNN untuk memberantas narkotika dari kalangan apapun.

Seperti diketahui, penggerebekan yang dilakukan oleh petugas BNN kala itu, sebanyak 17 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 4 orang perempuan turut dibawa dari rumah Raffi. Selain Raffi, ada tiga artis lain yang ditahan pagi itu, yakni Irwansyah, Zaskia Sungkar, dan Wanda Hamidah.

Dari rumah Raffi, petugas BNN menyita sejumlah barang bukti narkotika, yakni dua linting ganja serta beberapa butir pil MDMA, yakni bahan pembuat ekstasi yang telah dicampur ke dalam minuman bersoda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com