Kompas.com - 31/01/2013, 08:27 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemprov DKI akan membangun sepuluh jalan, tujuh di antaranya adalah jalan underpass dan tiga lainnya jalan layang (flyover). Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Ery Basworo mengatakan, pembangunan jalan-jalan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan para pengguna jalan yang melintas di pelintasan rel kereta api. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 62,5 miliar.

"Kami akan membangun persimpangan tidak sebidang di 10 lokasi. Paling tidak, sedikitnya ada 10 infrastruktur perlintasan baru di Jakarta akan dibangun pada 2013 ini," kata Ery, di Kantor Dinas PU DKI, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Pembangunan flyover dan underpass tersebut, kata dia, selain mendukung operasional KRL melingkar, juga untuk menekan kemacetan dan kelancaran jalur bus transjakarta. "Tahun ini, pembangunan 10 jalan itu akan diselesaikan dengan menggunakan sistem multiyears, tahun depan akan dianggarkan kembali dalam APBD DKI 2014," kata Ery.

Adapun lokasi pembangunan simpang tak sebidang tersebut yaitu:
1. Underpass (UP) Guntur-Cik Ditiro dengan anggaran Rp 7,5 miliar
2. UP Kartini Rp 10 miliar
3. UP Halimun-Madiun Rp 5 miliar
4. UP Industri Rp 5 miliar
5. UP Garuda Rp 5 miliar
6. UP Cendrawasih Rp 10 miliar
7. UP Permata Hijau Rp 5 miliar

Sementara tiga flyover yang akan dibangun:
1. Flyover (FO) Gunung Sahari Rp 5 miliar
2. FO Mangga Dua Rp 5 miliar
3. FO Kuningan Selatan Rp 5 miliar

"Dengan dibangunnya perlintasan tidak sebidang, maka seiring dengan penambahan frekuensi perjalanan KRL tidak akan mengganggu lalu lintas kendaraan bermotor. Selain itu, pembangunan jalan ini juga tidak akan mengganggu lalu lintas transjakarta, misalnya di Koridor VIII yang melalui Jalan Arteri Pondok Indah," ujar Eri.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendukung pembangunan jalan tersebut. Ia menegaskan, pembangunan jalan layang dan underpass tersebut termasuk langkah Pemprov DKI untuk menutupi kekurangan rasio jalan Ibu Kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rencananya ada 12 jalan yang akan dibangun. Begitu APBD DKI 2013 disetujui Mendagri, maka saya langsung perintahkan untuk dilelang," ujar Jokowi.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.