Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Terus Melangkah

Kompas.com - 06/02/2013, 07:24 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terus melangkah merealisasikan program unggulannya, khususnya program perumahan rakyat dan penataan kampung. Sedikit demi sedikit, pria berpostur jangkung ini terus mengenalkan kepada masyarakat mengenai program perumahan rakyat dan penataan kampung.

Program ini akan dilaksanakan melalui pembangunan rumah susun sewa yang terpadu dengan fasilitas pasar, kesehatan, dan olahraga. Jokowi juga mendorong pembangunan hunian vertikal serta penataan kampung dan lingkungan kumuh.

Setidaknya, sejak Sabtu (2/2/2013), Jokowi telah berkeliling ke beberapa lokasi yang menjadi target program tersebut. Di Marunda, Muara Baru, Kali Baru, Pluit, dan Manggarai. Sebagian warga akan ia relokasi ke Rusun Marunda yang pengerjaannya masih terus digenjot. Sementara lainnya, tempat tinggal warga akan ia geser sekitar 50 meter dari tempat saat ini yang berbatasan langsung dengan sungai.

Setiap kali mengunjungi tempat-tempat kumuh, mantan Wali Kota Surakarta ini selalu membawa dua atau tiga truk Satpol PP yang memuat aneka macam bantuan. Ada perlengkapan sekolah untuk anak-anak, ada pula beras dalam kemasan lima kilogram. Bantuan yang diberikan tentu untuk meringankan beban masyarakat mengingat tempat-tempat yang ia datangi adalah tempat yang terkena dampak banjir beberapa pekan sebelumnya.

Selain itu, Jokowi juga mengakui bila langkahnya saat ini adalah untuk membangun kedekatan dengan masyarakat sebelum masuk pada pembicaraan relokasi atau penataan. "Ini pendekatan saja, supaya nanti saat kita berbicara program, mereka sudah dekat dengan kita," kata Jokowi, Selasa (5/2/2013), di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Ucapan Jokowi tersebut mengingatkan pada arahan yang ia berikan untuk semua bawahannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2013 RPJMD DKI di Balaikota Jakarta. Saat itu, ia mengatakan bahwa hal utama yang harus dilakukan pemimpin sebelum mengeksekusi program adalah membangun kepercayaan masyarakat. Menurutnya, semua upaya pemerintah menjadi tak berguna bila masyarakatnya tidak memiliki kepercayaan kepada pemimpinnya.

Melihat animo warga di lapangan, ada harapan yang begitu besar dari masyarakat dan dititipkan di punggungnya. Apakah harapan itu bentuk lain dari kepercayaan warga Ibu Kota untuk Jokowi? Entahlah, yang pasti itulah aset sosial yang bisa dimanfaatkan Jokowi sebagai bekal untuk terus melangkah.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com