Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Masih Memesona Duta Besar Negara Asing

Kompas.com - 06/02/2013, 13:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo masih menjadi daya pikat bagi duta besar negara asing di Jakarta untuk diajak bekerja sama. Hari ini, Jokowi bertemu Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Martin Bille Hermann, Rabu (6/2/2013), di Balaikota Jakarta.

Pertemuan ini diisi dengan diskusi tukar pengalaman serta pembahasan mengenai tawaran kerja sama dari kedua negara tersebut untuk DKI Jakarta.

"Negara-negara lain ingin membantu kita, ingin share mengenai teknologi yang mereka punya, dan mereka sudah pengalaman," kata Jokowi seusai pertemuan.

Ia menjelaskan, hal-hal yang ditawari oleh kedua negara tersebut adalah mengenai teknologi pengolahan sampah, teknologi pompa terbaru untuk mengatasi banjir, dan lainnya. Kerja sama tersebut juga cukup bervariasi, ada yang dilaksanakan antarpemerintah, ada juga yang berjalan atas dasar bisnis (swasta).

"Kalau Denmark masih diproses, kalau China, dari awal kan sudah bussiness to bussiness dan ini Pak Dubesnya ingin menindaklanjuti," ujarnya.

Sementara itu, Martin Bille Hermann mengungkapkan, kedatangannya menemui Jokowi digelar dalam rangka diskusi dan bertukar pengalaman antara Kopenhagen dan Jakarta terkait perubahan iklim. Diskusi itu dikerucutkan dalam kerja sama investasi dan pinjaman.

"Kami bahas investasi dan rencananya akan dimulai pada awal Maret. Investasi infrastruktur dan water management," kata Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com