Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Benarkan Dera Meninggal karena RS Penuh

Kompas.com - 18/02/2013, 16:10 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ikut memberi penjelasan mengenai meninggalnya bayi berumur empat hari, Dera Nur Anggraini. Ia mengaku telah meninjau langsung ke lapangan, dan hasilnya rumah sakit yang dikabarkan menolak menangani Dera memang dalam kondisi penuh.

"Sebetulnya memang ada lonjakan pasien yang luar biasa besarnya. Hampir 70 persen lonjakannya dibanding sebelumnya. Itu di lapangan yang kita lihat seperti itu," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (18/2/2013).

Dikatakan Jokowi, ruang ICU untuk bayi berbeda dengan ruang untuk pasien dewasa. Selain jumlahnya minim, di saat bersamaan juga terjadi peningkatan jumlah pasien.

"Tadi malam langsung saya cek persoalannya kenapa sampai enggak diterima. Karena kondisi bayi itu ada masalah di sini (tenggorokan), ICU-nya juga penuh. Ini kondisi riil yang perlu kita sampaikan. Sistem KJS berjalan, tetapi kondisi rumah sakit yang belum memungkinkan," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan bahwa RS Zahira, tempat Dera lahir, tak memiliki NICU (neonatal intensive care unit), atau fasilitas intensif untuk bayi prematur, atau untuk bayi yang memerlukan penangan khusus. Itulah mengapa akhirnya bayi malang tersebut dirujuk ke rumah sakit lain untuk segera mendapat pertolongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com