Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Dara, Kembaran Dera, Makin Baik

Kompas.com - 19/02/2013, 08:56 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dara Nur Anggraini yang baru berusia 19 hari pagi ini dikabarkan makin baik kondisinya. Dara masih dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSUD Tarakan, Jakarta Pusat. Dara adalah saudara kembar Dera, yang meninggal karena kelainan di kerongkongan yang belum terbentuk sempurna.

"Lahir di sini atas rujukan Rumah Bersalin Puskesmas Kelurahan Pasar Minggu 2, tanggal 10 Februari lalu pukul 23.40. Dera memang punya kelainan bawaan," kata Direktur Utama RS Zahira Andi Erlina saat jumpa pers, Senin (18/2/2013), di rumah sakit di Jalan Sirsak, Jagakarsa, itu.

Dera lahir dengan berat 1.000 gram dan panjang 36 cm. Sementara Dara dengan berat 1.450 gram dan panjang 39 cm. Keduanya langsung masuk ke kamar perawatan khusus peri natal di RS Zahira. Ketika kondisi Dera memburuk karena ASI sulit masuk ke tubuhnya karena kelainan yang diidapnya, Dara dari hari ke hari justru makin membaik.

"Sampai Minggu (17/2/2013) malam, Dara masih dirawat di sini dan kondisinya membaik. Hasil koordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, akhirnya bisa dapat NICU di RSUD Tarakan untuk Dara sehingga Minggu malam itu juga dia dirujuk ke sana," kata Andi.

Andi menegaskan, selama dirawat di RS Zahira, pihak rumah sakit berusaha maksimal memberikan pelayanan medis kepasa sepasang bayi kembar Dera dan Dara. Akan tetapi, karena tidak memiliki fasilitas NICU dan mencari rujukan RS lain yang punya fasilitas ternyata semua penuh, Dera akhirnya meninggal di RS Zahira pada 16 Februari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com