Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Kabur dengan Menjebol Teralis Penjara

Kompas.com - 25/02/2013, 19:38 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seorang tahanan kasus pencurian, Arif Zulkoni (19), kabur dari ruang tahanan Mapolsekta Kotagede, Kota Yogyakarta, Minggu (24/2/2013). Dia melarikan diri dengan cara menjebol plafon kamar mandi dan teralis pembatasnya.

Arif merupakan warga Gedongan, Purbayan, Kotagede. Ia merupakan tahanan kasus pencurian uang Rp 1,3 juta pada 10 Agustus 2012 di rumah warga Kotagede, dan ditangkap pada 16 Februari 2013.

Kepala Kepolisian Sektor Kotagede Komisaris Irfan Soumena saat ditemui di Mapolsekta Kotagede mengatakan, Arif melarikan diri saat jam shalat magrib.

"Ada 14 petugas yang saat itu berjaga. Tiga personel berjaga dan mengontrol setiap satu jam sekali, dan yang lainnya menunaikan ibadah shalat magrib," terangnya, Senin (25/2/2013).

Ia menjelaskan, seorang petugas piket masih sempat melihat Arif di dalam sel sekitar pukul 18.00 WIB. Baru sekitar pukul 18.35 WIB, saat salah seorang petugas melakukan pengecekan kembali, sel sudah dalam keadaan kosong.

"Melihat sel dalam keadaan kosong, kami langsung melakukan pemeriksaan, dan ternyata Arif sudah kabur. Kami mendapati plafon dan teralis tahanan sudah jebol," paparnya.

Diduga kuat, Arif menjebol teralis dengan menggunakan kausnya. Kaus dililitkan pada dua teralis besi, lalu dipelintir hingga membuat celah selebar kepala. Setelah itu ia masuk, membuka genting, dan lompat ke permukiman warga.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih terus mencari Arif. "Kami sudah melakukan pengamanan sesuai prosedur yang berlaku. Meski demikian, ini adalah tanggung jawab saya," ucap Irfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com