Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Lahan untuk Dua Stadion Baru Telah Siap

Kompas.com - 08/03/2013, 18:42 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Akan ada tiga stadion besar yang berdiri di wilayah DKI Jakarta. Selain Gelora Bung Karno (GBK), kelak ada dua stadion baru yang akan dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yakni stadion di Taman BMW, Jakarta Utara, dan di Ulujami, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, pembangunan dua stadion baru itu untuk mengganti Stadion Lebak Bulus yang rencananya bakal digusur menyusul pembangunan moda transportasi massal berbasis rel, atau Mass Rapid Transit (MRT).

"Iya sudah diproses, lahannya sudah ada kok," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan, proses pembangunan telah masuk ke tahap relokasi warga. Khusus untuk di Ulujami, lahan seluas delapan hektar telah siap digunakan.

Luas itu lebih kecil dibanding lahan yang disiapkan untuk pembangunan Stadion Taman BMW yang mencapai 26 hektar dan tinggal menunggu proses penyerahan sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Kalau yang di (Taman) BMW stadion gede, internasional. Kalau di Ulujami itu kayak (stadion) Lebak Bulus," ujarnya.

Namun begitu, Jokowi belum bisa menyampaikan anggaran yang akan dikucurkan untuk menopang pembangunan dua stadion tersebut. Saat ini, ia mengaku masih fokus pada rencana pembangunan MRT dan baru mengalihkan perhatian setelah dilaksanakan.

"Ngurus MRT dulu, kalau sudah rampung baru ngurusin stadion. MRT sampai detik ini belum rampung, tapi pokoknya akan ada dua stadion baru. (Stadion) Lebak Bulus dibongkar, itu nanti dulu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com