Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Miskin Ekonomi, Pendidikan, dan Rohani

Kompas.com - 11/03/2013, 03:50 WIB

Jakarta, Kompas - Para pelaku mutilasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya semuanya berlatar belakang miskin ekonomi, pendidikan, dan rohani. Bermacam kemiskinan itu memicu ledakan kemarahan yang tak terkendali.

Demikian rangkuman diskusi terbatas para pakar dan pengamat tentang mutilasi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Sabtu (9/3). Diskusi membahas disertasi doktor, Komisaris Besar Mohammad Fadil Imran, yang berjudul ”Pola Kejahatan Pembunuhan yang Disertai Memotong Bagian Tubuh Korban di Jakarta: Perspektif Pilihan Rasional Pelaku”.

Dalam disertasinya, Fadil menganalisis lima kasus mutilasi di Jakarta yang antara lain mengurai kondisi pendidikan dan ekonomi para pelaku.

Para pelaku itu adalah Zaki Afrizal Nurfaizin (25), pemutilasi Atikah Setyani pada pertengahan Januari 2008 di Hotel Bulan Emas, kamar 17 AB, Jalan Berdikari Nomor 82, Rawa Badak, Jakarta Utara; dan Baekuni (48), yang memutilasi belasan anak jalanan di wilayah Jakarta Timur (Jaktim), sampai terungkap awal Januari 2010.

Lainnya, Very Idham Henyansyah alias Ryan (31), yang memutilasi Hery Santoso (40), pertengahan Juli 2008, di satu apartemen di Depok, Jawa Barat; Muryani (53), yang memutilasi suaminya, Karyadi, di Susukan, Ciracas, Jaktim, akhir Oktober 2010; serta Sri Yanti (48), yang memutilasi suaminya, Hendra (44), pada akhir 2008 di Kampung Triti, Desa Karet, Kecamatan Sepatan, Tangerang, Banten.

Fadil mencatat, dari lima pelaku mutilasi yang ia teliti, tiga orang lulusan setara SMP dan dua orang jebolan setara SMA. Empat di antaranya bekerja sebagai pedagang kecil, sedangkan seorang pelaku penganggur meski kadang menjadi model lepas.

Pendapatan mereka tidak tetap. Apabila dirata-rata, yang mereka terima setiap bulan Rp 500.000-Rp 600.000.

Menurut psikolog Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Nur Cahyo, dan Psikolog Universitas Indonesia (UI) yang mengambil spesialisasi perilaku seksual Zoya Amirin, mutilasi merupakan cerminan ekspresi ledakan kemarahan yang tak terkontrol. Hal ini terjadi karena para pelaku berpendidikan rendah dengan tingkat kehidupan rohani yang rendah pula.

”Puncak kemarahan orang yang normal itu bisa sampai pada titik orang membunuh. Akan tetapi, kalau orang sudah meninggal masih dipotong-potong, menunjukkan perilaku kebinatangan,” ucap Nur Cahyo.

Jeratan hukuman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com