Kompas.com - 20/03/2013, 10:06 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo mendadak jadi lebih semringah ketika seorang pedagang di Pasar Klender memberikannya jamu. Rupanya, Gubernur DKI Jakarta ini terkejut karena sang pedagang jamu tahu seleranya.

"Temulawak ya, Pak?" kata pedagang jamu tersebut.

"Lho, kok tahu," kata Jokowi dengan tersenyum simpul.

Tak lama berselang, segelas jamu temulawak langsung disodorkan oleh pedagang kepadanya. Jokowi langsung menyambutnya, sambil bercanda, "Ini aman ya?"

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Luki Oemar yang mendampingi Jokowi berusaha meyakinkan bahwa jamu tersebut aman untuk dikonsumsi. Ia menunjukkan nomor registrasi BPOM dalam kemasan jamu sebagai penanda keamanan dikonsumsi.

Setelah meminum habis temulawak, mantan Wali Kota Surakarta itu langsung meminum jamu pemanis lain untuk menangkal rasa pahit. Di lapak pedagang jamu lainnya, ia juga menyempatkan diri meminum satu gelas beras kencur sambil berdialog dengan para pedagang.

Kunjungan Jokowi ke pasar ini merupakan bagian dari program Edukasi Pengkonsumsian Jamu yang Legal, bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selanjutnya, Jokowi juga mendatangi para penjual daging untuk memantau harga, didampingi Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.