Kompas.com - 21/03/2013, 08:24 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Pascamusim hujan, banyak jalanan rusak yang mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan pada pengendara. Dinas PU DKI Jakarta pun sudah menyiapkan dana untuk membuat jalan kembali mulus dan kapasitasnya bertambah.

Kepala Dinas PU DKI Manggas Rudy Siahaan mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan dana tak terduga Rp 820 juta untuk perbaikan infrastruktur jalan. Jalan yang diperbaiki sepanjang 32 kilometer.

"Ada perbaikan-perbaikan infrastruktur. Infrastruktur itu kan macam-macam, ada perbaikan, pelebaran jalan, sehingga melalui infrastruktur ini jangan sampai masyarakat ada yang celaka," kata Manggas, di Balaikota Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Sementara untuk perbaikan jembatan, dalam waktu dekat ini, Dinas PU DKI akan memperbaiki jembatan yang berada di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Menurut dia, di setiap jembatan biasanya ada tikungan yang berbahaya. Namun, Dinas PU DKI akan membuat sebuah smooth agar meningkatkan kapasitas di jembatan ataupun di persimpangan.

Tikungan-tikungan, kata dia, juga dirapikan dengan sedikit perbaikan, tetapi juga meningkatkan kapasitas simpang sehingga mengurangi kemacetan lalu lintas. Artinya, jelas Manggas, perbaikan-perbaikan ini akan mengurangi pengendara sepeda motor yang celaka.

Mantan Asisten Deputi Gubernur Bidang Transportasi itu mengatakan, Dinas PU DKI memberikan fokus bagaimana mengurangi kemacetan lalu lintas dengan meningkatkan kapasitas jalan baik dari lajur, jumlah lajur, lebar lajur, dan juga melalui peningkatan kapasitas simpang.

Masyarakat, kata dia, bisa ikut berperan serta dengan mengadu melalui akun Twitter Dinas PU DKI, yaitu @PoskoDPUDKI dan control room PU.

Adapun beberapa pengerjaan pelebaran dan perbaikan jalan yang telah dilaksanakan Dinas PU DKI, antara lain, di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat yang menelan anggaran sekitar Rp 125 juta dan Jalan HR Rasuna Said yang ditambah dengan pembuatan trotoar sepanjang tujuh kilometer dengan menelan biaya Rp 2 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.