Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang Putih di Tasik Masih Rp 60.000 per Kg

Kompas.com - 22/03/2013, 13:55 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Harga bawang merah dan bawang putih di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya belum beranjak turun. Pasokan keduanya pun belum lancar seperti sebelumnya. Enoh (51), warga Tawang, Kota Tasikmalaya, mengatakan harga bawang putih di Kota Tasikmalaya masih tinggi, mecapai Rp 60.000 per kilogram.

Harga bawang merah juga masih bertahan pada Rp 40.000 per kilogram. Harga tinggi itu masih sama seperti seminggu yang lalu. Kenaikan ini membuat Enoh terpaksa mengurangi pembelian.

Sebelumnya, Enoh biasa membeli bawang merah dan putih masing-masing satu kilogram per hari. Namun, saat ini Enoh memilih penyedap rasa buatan dan hanya membeli bawang merah dan putih masing-masing dua ons per hari senilai Rp 10.000.

Praktik itu berakibat fatal. Minimnya bawang merah dan putih membuat rasa masakannya berubah. Penghasilan pun dengan cepat berkurang. Pelanggan yang datang berkurang karena tidak puas dengan rasa masakannya. Dalam waktu empat hari, penghasilan bersihnya turun dari Rp 100.000- Rp 150.000 per hari menjadi hanya Rp 30.000- Rp 40.000 per hari.

"Pendapatan sehari jauh lebih kecil kalah ketimbang harga bawang satu kilogram," kata Enoh di Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, Jumat (22/3/2013) siang.

Diberitakan sebelumnya, harga bawang putih dan merah di beberapa daerah telah berangsur turun, setelah beberapa pekan terakhir harga bawang meroket sampai Rp 100.000 per kilogramnya. Namun, di beberapa pasar tradisional wilayah Tasikmalaya, harga komoditi ini masih terbilang tinggi dibandingkan beberapa daerah lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com