Kompas.com - 04/04/2013, 19:30 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Sosialisasi aturan main lelang jabatan atau seleksi dan promosi terbuka jabatan lurah dan camat DKI Jakarta telah digelar di seluruh wilayah Ibu Kota. Salah satu yang menjadi syarat penting bagi peserta lelang jabatan itu adalah bersedia mengunjungi setiap pelosok wilayah kerjanya.

Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menginginkan agar calon lurah dan camat memahami letak wilayah dan masalah mendasar yang ada di wilayahnya. "Calon disyaratkan bisa blusukan seperti Pak Jokowi. Lurah dan camat bisa mengerti keinginan Gubernur," ujar Krisdianto di kantornya, Kamis (4/4/2013).

Krisdianto yang dilantik menjadi wali kota di lapangan sepak bola Kampung Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Cakung, itu mengatakan, kerja sama di antara 10 camat lain di wilayah Jakarta Timur juga menjadi poin penting yang diharapkan dari calon lurah dan camat DKI. Di Jakarta Timur ada satu posisi camat yang lowong, yakni Ciracas. Adapun dari 65 kelurahan di Jaktim, terdapat empat yang dapat diisi melalui lelang jabatan tersebut. Ia mengatakan, peminat lelang jabatan mencapai 900 orang. Itu pun tidak termasuk yang belum tercatat.

"Jadi sekarang kita berjuang mempertahankan jabatan. Kita harus semangat, optimis, dan harus bersaing secara kompetitif," kata Krisdianto.

Mulai bulan ini, Pemprov DKI membuka pendaftaran peserta seleksi atau promosi jabatan terbuka. Pada tahap awal, lelang jabatan ini dilakukan pada level kepala kelurahan dan kecamatan. Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2000 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural menyebutkan bahwa untuk jabatan lurah, PNS harus masuk dalam golongan terendah III-b, tertinggi III-d, dan memiliki eselon IV-A. Adapun untuk menjadi camat, PNS harus masuk golongan terendah III-d dan tertinggi IV-b dengan minimum pendidikan sarjana S-1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.