Kompas.com - 09/04/2013, 14:29 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Ketika seorang arsitek diberi kebebasan mendesain, ia tidak hanya harus mampu menciptakan karya yang efisien dan berkesadaran lingkungan juga menghasilkan karya yang imajinatif. Setelah melewati proses pendidikan selama bertahun-tahun, para arsitek diasumsikan mampu berpikir "out of the box".

Inilah yang dilakukan oleh duo arsitek, Brad Wray dan Nicolas Russo. Mereka menggarap ruang kerja mereka sendiri. Rancangan desainnya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Meski demikian, mereka menghindari desain ruang kerja yang tampak modern, canggih, dan rumit. Keduanya justru menciptakan ruang kerja sederhana dan nyaris tampak seperti sebuah gubuk.

Material yang dimanfaatkan adalah seng dan tripleks. Kedua material ini merupakan unsur utama dalam konstruksi ruang kerja bernama Branch Studio itu. Branch Studio memiliki kapasitas dua hingga tiga area kerja mungil. Luasan dan bentuk bangunannya kompak, dan ergonomis. Meski terbilang mungil, di dalam studio ini juga terdapat ruang rapat yang dapat menampung lima kursi.

Dari luar, bentuk ruang kerja ini tampak bersahaja. Kesederhanaan ini akan sirna begitu kita memasukinya. Unsur kaca berukuran besar yang merupakan bagian dari fasad, menghapus kesan bahwa studio ini hanya sebuah gubuk yang teronggok di  tempat terpencil.

Brad Wray dan Nicolas Russo tampaknya tidak ambil pusing dengan pemilihan bahan-bahan untuk kantor mereka yang berlokasi di Victoria, Australia tersebut. Tujuan utama mereka adalah memaksimalkan pemandangan di sekeliling bangunan dan membuat kantor mereka mampu menyatu dengan sekelilingnya. Tentunya, sembari membuat ruang yang membuat penghuninya lebih produktif.

Apa yang mereka mimpikan rupanya tercapai. Tidak hanya tampak menyatu dengan sekeliling, kesan "mentah" yang ada pada studio ini tampil cantik di antara pepohonan dan tanah berpasir. Selain itu, seng yang dicat warna-warni yang menutupi bangunan ini justru membuatnya tampak edgy dan tidak kumuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.