Kompas.com - 11/04/2013, 19:54 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta masih mencari pengganti Fadjar Panjaitan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI yang telah mengundurkan diri per 8 April 2013 lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan, hingga saat ini Pemprov DKI belum mengantongi nama-nama calon pengganti Fadjar.

Kendati demikian, Basuki menegaskan kriteria yang paling utama adalah pegawai negeri sipil (PNS) yang masih berusia muda dan masa pensiunnya masih lama. "Ya, mungkin salah satu kriterianya adalah pejabat yang pensiunnya masih lama," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Selain itu, kata dia, calon sekda itu harus terbiasa mengurusi administrasi pemerintahan daerah. Karena, menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, seorang Sekda DKI adalah seorang administrator.

Baginya, kriteria ideal calon Sekda adalah pejabat DKI berusia muda yang menduduki jabatan strategis tersebut. Namun, hingga saat ini, Basuki mengaku masih belum memiliki sosok ideal yang diharapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan dirinya.

"Belum, kita belum ada nama pengganti Pak Fadjar," kata Basuki.

Sebelumnya, Fadjar Panjaitan telah mengundurkan diri sebagai Sekretaris Daerah DKI untuk menjadi anggota legislatif DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada Pemilu 2014 mendatang. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun telah memilih Asisten Pembangunan DKI Wiriyatmoko sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DKI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.