Firasat Sebelum Ustaz Jeffry Meninggal

Kompas.com - 26/04/2013, 11:37 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum kecelakaan motor di Gedung Hijau, Pondok Indah, Ustaz Jeffry Al Buchori sempat mengatakan ingin berhenti berdakwah. Hal itu sempat membuat orang-orang terdekatnya bertanya-tanya.

"Beliau pernah ngomong begitu sama Habib Mahdi, saya mau berhenti dakwah. Dari situ, firasat saya sudah muncul. Ada pesan dari ungkapan itu," ujar pemain sinetron, Eddies Adelia, kepada Kompas.com di rumah duka, Jumat (26/4/2013) siang.

Saat itu, kata Eddies, Habib Mahdi dan sahabatnya sempat terkejut mendengar ucapan ustaz yang akrab disapa Uje tersebut. Meski begitu, Habib Mahdi menanggapi keinginannya dengan positif.

Rupanya, Uje juga mencetuskan keinginannya itu kepada beberapa orang keluarganya. "Katanya beliau lelah dan ingin menjadi Uje yang biasa saja. Orang yang biasa-biasa saja," ujarnya.

Uje meninggal di usia 40 tahun. Lelaki kelahiran Jakarta, 12 April 1973 tersebut meninggalkan seorang istri, Pipik Dian Irawati, dan empat orang anak, yakni Mohammad Abidzar, Al-Ghifari, Adiba Khanza Az-Zahra, dan Ayla Azuhro.

Berasal dari keluarga dengan pendidikan agama yang kuat, Uje sempat mengenyam pendidikan agama di pesantren dan madrasah aliyah. Uje juga pernah menjalani kehidupan dugem anak muda. Namun, jalan hidup mengembalikannya ke dunia dakwah. Pengalaman pribadinya mendorong Uje mengemas dakwah dalam bahasa anak muda, bahkan kerap dianggap sebagai "ustaz gaul".

Kini, almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori, atau yang akrab disapa Uje, dibawa dari rumah duka menuju Masjid Istiqlal untuk dishalatkan, Jumat siang. Lantunan doa dari ratusan pelayat mengiringi jenazah almarhum yang ditutup kain hijau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.