Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Ini, Masalah Banjir di Jakbar Tak Pernah Usai

Kompas.com - 26/04/2013, 17:58 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Suku Dinas PU Tata Air mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera merealisasikan pembangunan Sungai Cengkareng Drain II. Cengkareng Drain II ini nantinya akan mengatasi masalah banjir di Jakarta Barat dan wilayah Tangerang, seperti Ciledug Indah.

"Kalau Cengkareng Drain II tak segera dibangun, masalah banjir di Jakarta Barat tak akan pernah selesai," kata Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat Wagiman di kantornya, Jumat (26/4/2013).

Wagiman mengungkapkan, sungai tersebut akan dibangun mulai dari paguyuban Sungai Cantika di perbatasan Karang Tengah; Kelurahan Karang Timur, Tangerang; kemudian melewati Sungai Angke di Kembangan; melintasi sungai di Cengkareng sampai Penjaringan untuk bermuara di laut di Jakarta Utara. Panjang sungai tersebut rencananya akan sama dengan Kanal Timur, yaitu sepanjang 20 kilometer.

Dengan dibangunnya sungai tersebut, kata Wagiman, masalah banjir di Rawa Buaya, Jalan Daan Mogot, dan wilayah langganan banjir di Tangerang, seperti di Ciledug Indah, akan bebas dari banjir. Akan tetapi, pembangunan tersebut masih memerlukan waktu yang sangat panjang mengingat harus ada pembebasan lahan milik warga yang akan digusur untuk pembangunan tersebut.

Wagiman melanjutkan, pihaknya sudah membicarakan pembangunan sungai tersebut kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Wakil Gubernur pun memberikan respons positif mengenai wacana pembangunan sungai tersebut. Sementara  tenggat waktunya masih memerlukan waktu yang sangat panjang melihat saat ini pembangunan tersebut masih dalam wacana dan perhitungan Pemprov DKI Jakarta.

Dalam pembangunan tersebut, anggaran dana diakomodasi oleh Dinas PU Pemprov DKI mengenai pembebasan lahan dan pembangunan sungai tersebut. Nantinya, Dinas PU yang akan membagi tugas kepada suku dinas dalam membantu pembangunannya.

"Anggarannya, kan, dipegang semua oleh dinas sehingga kami hanya melakukan apa yang diperintahkan oleh dinas," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun Kali Cengkareng Drain II. Rencana pembangunan itu terutama ditujukan utuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota.

Pembangunan Cengkareng Drain II diperkirakan memakan waktu sampai 10 tahun mendatang mengingat harus dilakukannya pembebasan lahan. Wakil Kepala Dinas PU DKI Jakarta Tarjuki mengatakan, kajian pembangunan Kali Cengkareng Drain II sudah dilakukan Dinas Pekerjaan Umum DKI pada tahun 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com