Kompas.com - 30/04/2013, 11:53 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorRobert Adhi Ksp

BATAM, KOMPAS.com - Polres Batam-Rempang-Galang menangkap tiga orang, Senin (28/4/2013) secara terpisah di Batam, Kepulauan Riau. Mereka ditangkap karena membuat dokumen-dokumen palsu.

Kepala Unit III Satuan Reserse Kriminal Polres Batam-Rempang-Galang (Barelang), Inspektur Satu Dasta Analis mengatakan, RM dan BD ditangkap Senin pagi. Setelah menangkap mereka, polisi menuju rumah HS yang dijadikan tempat pencetakan dokumen-dokumen palsu.

"Dari tersangka disita SIM, STNK, dan KTP," ujarnya, Selasa (29/4/2013) di Batam, Kepulauan Riau.

Penangkapan bermula dari laporan ada pembuat SIM palsu. Laporan itu ditindaklanjuti dengan mengontak RM yang disebut bisa membuat SIM. Kemudian RM dan BD menemui petugas yang menyamar sebagai pencari SIM. "Tersangka ditangkap saat menawarkan pembuatan dokumen palsu dan menunjukkan contoh-contohnya," ujarnya.

Dari pemeriksaan terhadap RM dan BD, diketahui pencetakan dilakukan di rumah HS. Petugas kemudian menangkap HS. "Tersangka dijerat dengan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dengan ancaman enam tahun penjara," ujarnya. 
Ada Attachment Foto:
20130429raz polisi tangkap pemalsu sim.jpg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.