Puluhan Ribu Buruh ke Jakarta

Kompas.com - 01/05/2013, 03:54 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS — Puluhan ribu buruh dari Bekasi, Tangerang, dan Bogor diperkirakan akan memperingati Hari Buruh, di Jakarta, Rabu (1/5). Para buruh yang tergabung dalam federasi, aliansi, dan serikat pekerja menggelar aksi damai dengan kawalan aparat kepolisian dan TNI.

Sekretariat Bersama Buruh akan mengerahkan 20.000 orang untuk melakukan aksi demonstrasi dalam memperingati Hari Buruh, 1 Mei. Ini dikatakan Marlo Sitompul, salah satu anggota Sekretariat Bersama Buruh, di Jakarta, kemarin.

Menurut Marlo, buruh akan berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, pada pukul 09.00. Dari lokasi itu, buruh bergerak menuju ke kantor pusat Komisi Pemilihan Umum dan Istana Kepresidenan.

Tujuannya, buruh menuntut pemerintah dan partai politik yang akan ikut dalam Pemilihan Umum 2014 mencabut sistem kerja alih daya dan Rancangan Undang-Undang Ormas, menolak pemberian upah murah terhadap buruh, dan melakukan nasionalisasi terhadap perusahaan tambang.

Ketua Umum Serikat Buruh Transportasi Indonesia Ilhamsyah justru menyatakan, dalam memperingati Hari Buruh, mereka akan memblokade Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. ”Menurut rencana, sebanyak 1.000 buruh pelabuhan dan pergudangan akan memblokade Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 08.30-12.00.”

Dalam kaitannya dengan aksi tersebut, sejumlah upaya ditempuh pemerintah daerah, perwakilan pengusaha, dan instansi terkait. Mereka menyediakan panggung hiburan berikut hadiah dan suvenir, seperti pengelola kawasan wisata Ancol yang memberikan diskon 50 persen untuk tiket masuk kawasan dan wahana tertentu.

Manajer Komunikasi PT Pembangunan Jaya Ancol Ari Kurniawan mengatakan, diskon berlaku bagi pengunjung yang masuk dari pukul 06.00-12.00, Rabu ini.

Sementara di Tangerang, Manajer Umum PT AP II Cabang Bandara Internasional Soekarno- Hatta Yudis Tiawan mengimbau agar warga menghindari jalan melewati Pintu M1 (dari belakang bandara) mulai pukul 08.00-17.00, terkait adanya rencana aksi unjuk rasa ribuan orang memperingati Hari Buruh. (K06/MKN/PIN/BRO/ LAS/ MAS/ CAS/ RTS/*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.