Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh: Kawan-kawan, Tutup Jalan.. Tutup Jalan!

Kompas.com - 01/05/2013, 11:56 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buruh di depan DPR melakukan orasi menuntut perhatian anggota dewan. Mereka juga diperintahkan menutup jalan.

"Kawan-kawan tutup jalan, tutup jalan," seru orator aksi, Rabu (1/5/2013).

Jalur di depan DPR pun sudah tertutup total. Massa juga berdiri dan duduk menutup Jalan Gatot Subroto yang menuju Slipi.

Sambil berorasi menuntut hak-hak buruh, pengunjuk rasa juga membuat hiburan. Mereka berjoget dan melakukan aksi teatrikal.

Pantauan Kompas.com, musik diputar dari mobil komando yang disambut goyang riang para buruh yang melakukan aksi. Setelahnya, buruh membentuk lingkaran dan melakukan aksi teaktrikal yang dilakukan massa buruh asal Serang.

Aksi teatrikal itu memberikan pesan kritik tentang kesejahteraan buruh yang tertindas. Orator sembari membacakan narasi tentang bentuk kapitalis yang dianggap menyengsarakan nasib buruh.

"Lihatlah, kini si miskin semakin miskin. Haruskan kami menanggung beban dari badan asing itu," kata orator di hadapan massa.

Mereka juga mengkritik keberadaan investor asing yang belum bisa mensejahterakan nasib buruh. Kordinator buruh lainnya juga menyampaikan orasi politik dan memberikan semangat kepada para buruh yang melakukan aksi. Mereka juga menuntut agar DPR tidak mengesahkan undang-undang BPJS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com