Kompas.com - 02/05/2013, 08:15 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Genangan air di wilayah Jakarta masih banyak yang menyebabkan lalu lintas menjadi tersendat. Kemacetan tersebut disebabkan oleh genangan dari hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Rabu (1/5/2013) malam.

"Masih ada beberapa ruas jalan yang masih tergenang air dan menyebabkan kepadatan kendaraan," kata Brigadir Jenderal (Pol) Erwin, petugas TMC Polda Metro Jaya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/5/2013).

Erwin mengungkapkan, untuk di wilayah Jakarta Barat, jalan yang masih tergenang air sekitar 5 cm berada di depan Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanegara, Grogol. Akibatnya, pengendara yang melalui jalan tersebut melajukan kendaraan dengan kecepatan rendah sehingga menimbulkan kepadatan kendaraan.

Selain di Grogol, wilayah lain yang masih tergenang berada di Daan Mogot, Jakarta Barat. Genangan air setinggi 10 cm tersebut tepat berada di depan kantor Samsat Jakarta Barat. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Grogol menuju Kalideres padat merayap.

Untuk daerah Kedoya, kata Erwin, laporan genangan yang berada di sekitar Kedoya Selatan maupun Green Garden hanya ada sampai pukul 00.00 malam tadi. Sementara pada pagi hari, laporan terjadinya genangan air sudah tidak ada.

"Kalau sudah tidak ada laporan genangan, kemungkinan di daerah tersebut sudah surut," ungkapnya.

Genangan lain, kata Erwin, berada di depan Pasar Jagal, Buncit, Jakarta Selatan. Ketinggian air berkisar 5-10 cm. Sementara di depan WTC Mangga Dua, terjadi genangan yang berasal dari air rob setinggi 5 cm.

Untuk di Jakarta Pusat, kata Erwin, genangan air berada di daerah sebelum Cempaka Putih. Ketinggian air di wilayah tersebut setinggi 10 cm.

Air yang masih banyak tergenang di wilayah Jakarta berkisar sekitar 10 cm. Namun, pengguna jalan lebih memilih untuk menghindari genangan tersebut sehingga terjadi kemacetan di beberapa titik di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.