Basuki: Mau Cari Rp 1 Triliun Satu Periode, Gampang

Kompas.com - 14/05/2013, 11:04 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama mengaku memiliki kekhawatiran menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Selain takut berubah, dia juga khawatir tergoda mencari harta dari jabatannya.

"Paling saya khawatirkan, kami yang berubah. Karena kami di zona nyaman. Kami mulai takut tidak berani ngomong esensinya, kompromi karena kami takut digusur. Kalau kami didemo gimana? Kalau kami diturunkan bagaimana? Orang bunuh kita bagaimana," kata Basuki saat bertemu dengan Jakob Oetama di kantor Kompas, Jumat (10/5/2013).

"Kalau itu lolos, ada ketakutan kedua. Di DKI, mau cari satu triliun dalam satu periode, gampang sekali. Enggak usah merem, dikasih Rp 50 miliar aja mau, kok," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

"Punya satu triliun rupiah, bunga deposito 5,2 miliar, Pak. Tiap bulan, saya bisa pura-pura jadi pendeta, baik.... Iya, iya, deposito saya 5,2 miliar. Semua merasa diberkati, pendeta datang bawa Lamborghini, rendah hati, Tuhan berkati, tapi nilep satu triliun."

"Ini 5,2 miliar tiap bulan. Kalau saya beli tiap bulan apartemen satu, cukup dong saya cuma 200 juta setiap bulan. Sepuluh tahun mengerikan lagi uang saya. Itu kalau saya berpikir seperti itu...," tutur mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Basuki mencontohkan terkait normalisasi Kali Pesanggrahan. Menurutnya, dari proyek tersebut didapat ada 4,7 hektar tanah tak bertuan. Jika dirupiahkan, harganya bisa mencapai lebih dari Rp 10 triliun.

"Kalau mau minta 1 T, 2 T, dikasih. Tapi saya bilang enggak bisa, merahin. Dulu dikuningin pak untuk perumahan. Saya bilang merahin (kantor pemerintah). Kalau kuning, swasta beli duluan tuh tanah, mati kita," ujar Basuki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dia bilang, kalau merah, enggak bisa. Saya tanya, kalau swasta boleh enggak ada kantor, ada apartemen, ada mal, ada hotel. Masak pemerintah enggak boleh," ucap Basuki.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.