Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyelam Bersama Hiu di Laut Jailolo

Kompas.com - 21/05/2013, 15:20 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

HALMAHERA, KOMPAS.com - Bertemu dengan hiu saat berada dibawah laut mungkin membuat beberapa orang awam takut. Namun bagi para diver atau sebutan untuk penyelam, hal ini merupakan sesuatu yang istimewa.

"Tadi saya senang banget karena sempat bertemu dengan hiu di dive spot Pastofiri, keren banget karena berkali-kali hiu itu lewat di depan mata saya," ujar Ahmad, salah seorang yang ikut menyelam di laut Jailolo, Halmahera Barat, Selasa (21/5/2013).

Menurut pria yang menyukai olahraga bawah laut ini meskipun jarak pandangnya tidak terlalu jauh namun laut Jailolo memiliki alam yang luar biasa. "Semua masih tersusun rapih, ekosistemnya pun terlihat masih sangat baik," lanjut Ahmad.

Jailolo yang terletak di Halmahera Barat memang menyimpan sejuta pesona bawah laut. Berbagai mahkluk bawah laut ada, sebut saja glass fish, nudi branches hingga kura-kura menghiasi alam bawah laut Jailolo.

Ada tiga spot underwater yang terdapat di Jailolo, yaitu Tanjung Kailupa, Pulau Babua dan Atol Pastofiri. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri, misalkan Tanjung Kailupa, tempat ini memiliki tipografi yang landai dimana memiliki koral halus yang begitu banyak serta arcopora.

Sementara itu Pulau Babua memiliki tipografi dinding karang yang sangat cocok untuk fotografi menggunakan wide angle. Atol Pastofiri tak kalah menarik, dengan kedalaman sekitar 15-25 meter tempat ini memiliki topografislope dan flat.

Untuk mencoba merasakan sensasi ini, Anda dapat datang ke Gilolo Dive Center yang terletak di Teluk Jailolo. Aksesnya mudah, dengan mengunakan speed boat ataupun perahu tongkang dari Pebuhan Dufa-dufa yang terletak di Ternate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com