RS Admira: Kita Tidak Mundur, Cuma "Pause"

Kompas.com - 23/05/2013, 14:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah Sakit Admira, Kayu Putih, Jakarta Timur, mengeluhkan penerapan sistem Indonesia Case Base Group (INA CBG's) karena rumah sakit ini baru dua tahun berdiri. Untuk itu, RS Admira akan menunda terlebih dahulu kerja sama dengan Pemprov DKI sampai sistem pembayarannya stabil.

"Jadi, saya ingin tegaskan kita tidak mundur dari KJS, cuma pause," kata Dirut RS Admira, Chairulsjah Sjahruddin, saat dengar pendapat KJS di DPRD DKI Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Chairulsjah mengungkapkan, Rumah Sakit Admira baru dua tahun berdiri. Saat sistem pembayaran diubah menjadi INA-CBG's, pihak rumah sakit sudah mulai memperhitungkan kalau sistem ini kurang bagus untuk rumah sakit.

RS Admira juga sudah mengirimkan surat kepada Dinkes terkait sistem INA-CBG's. Menurut Chairulsjah, RS Admira memang menyetujui kerja sama dengan Pemrov untuk melayani KJS dengan syarat. Syarat tersebut diajukan karena RS sudah mendeteksi kalau ada permasalahan dalam INA-CBG's. Persyaratan tersebut berupa MoU sehingga hak dan tanggung jawab rumah sakit bisa dilaksanakan.


Chairulsjah juga menegaskan, RS Admira tidak pernah menyatakan masuk sistem INA-CBG's karena implementasinya tidak mudah. Saat ini, RS Admira mempunyai lima clinical path way. Tetapi, secara tiba-tiba, sistem pembayaran diganti dengan INA-CBG's. Sementara rumah sakit tersebut tidak memberikan kelas kamar dalam melayani pasien.

Chairulsjah menambahkan, pihak rumah sakit menggunakan integrated care pathways (ICP) sejak ada dari tahun 2005. Sementara Rumah Sakit Admira baru dua tahun berdiri langsung menggunakan sistem INA CBG's. Untuk itu, pembengkakan anggaran sebagai rumah sakit baru membuat RS Admira tidak sanggup bekerja sama.

Sebelumnya, dua rumah sakit menyatakan tidak sanggup bekerja sama untuk program KJS, yaitu RS Thamrin dan RS Admira. Sementara 14 rumah sakit kembali menyatakan bergabung dalam program KJS, yaitu Rumah Sakit Bunda Suci, RS Mulya Sari, RS Satya Negara, RS Firdaus, RS Islam Suka Pura, RS Husada, RS Sumber Waras, RS Suka Mulia, RS Port Medical, RS Puri Mandiri Kedoya, RS Tria Dipa, RS JMC, RS Mediros, dan RS Restu Mulya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorAna Shofiana Syatiri
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Terkini Lainnya

    Close Ads X